Breaking News:

SiCANTIK dan SIMDA Pendapatan di Lingga Akan Diintegrasikan untuk Dongkrak PAD

Integrasi aplikasi SiCANTIK dan SIMDA Pendapatan menjadi pembahasan saat rakor DPM PTSP Lingga dengan OPD terkait untuk mendongkrak PAD Lingga

Penulis: Febriyuanda | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
SiCANTIK dan SIMDA Pendapatan di Lingga Akan Diintegrasikan untuk Dongkrak PAD. Foto DPM PTSP Lingga gelar rapat bersama OPD terkait bahas penerapan aplikasi SiCANTIK dan SIMDA Pendapatan, Kamis (5/8/2021) 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lingga menggelar rapat koordinasi dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah atau OPD terkait di Lingga, Kamis (5/8/2021).

Rapat itu digelar dalam rangka mendorong percepatan proses pengurusan perizinan di Lingga.

Pembahasannya terkait penerapan integrasi antara aplikasi SiCANTIK dengan aplikasi SIMDA Pendapatan.

Integrasi aplikasi itu diharapkan mampu dijalankan, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi terharap percepatan perizinan.

Pelaksana Tugas atau Plt Kepala DPMPTSP Saroha Hutagalung mengatakan, inti pertemuan itu mencari cara menyinkronkan visi antara Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), DPMPTSP dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) lewat aplikasi.

Baca juga: Covid-19 Kepri, Lingga Zona Merah Tapi Nihil Tambahan Kasus Meninggal Akibat Corona

Baca juga: Yuni Pelajar Berprestasi di Lingga Ingin Hafal Quran 5 Juz Sebelum Lulus Sekolah

Sehingga ketika wajib pajak atau wajib retribusi datang untuk meminta persetujuan izin ke PTSP, sudah terlihat langsung valid atau tidak validnya.

"Jadi kalau terkonfirmasi valid, pajak sudah terbayarkan bagi wajib pajak dan retribusi sudah terbayar, kami tinggal menyetujui saja,” jelas Saroha.

Ia juga menjelaskan, dengan aplikasi yang telah terintegrasi ini pihak Bapenda maupun DPMPTSP bisa mengecek apakah pemohon telah memenuhi kewajibannya atau belum. Sehingga bisa mempercepat proses perizinan.

“Dengan berjalannya aplikasi ini ke depan, diharapkan bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lingga, sistem bisa berjalan dengan baik, dan masyarakat bisa terbantu,” tambahnya lagi.

Mengenai kapan akan diterapkan, pihaknya masih menunggu persetujuan dari KPK dan arahan dari BPKP.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved