Breaking News:

BATAM TERKINI

Batam Siapkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Waduk, Rudi: Kami Pastikan tak Ganggu Kualitas Air

Batam bakal memiliki dua pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di dua waduk di Batam. Amankah untuk lingkungan? Ini kata Walikota Batam

ISTIMEWA
Kondisi Waduk Duriangkang. Kota Batam akan memiliki pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung di dua lokasi waduk, yaitu Tembesi dan Duriangkang. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kota Batam akan memiliki pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung di dua lokasi waduk, yaitu Tembesi dan Duriangkang.

Sebelumnya, Badan Pengusahaan (BP) Batam telah menandatangani nota kesepahaman antara dua perusahaan yakni PT TBS Energi Utama dan SunSeap Group dalam hal pembangunan panel surya tersebut.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengungkapkan kajian lingkungan telah dilakukan sebelum rencana pembangunan PLTS ini dibentuk.

Menurutnya, pembangunan panel surya terapung tidak akan mengganggu lingkungan sekitar waduk dan kualitas airnya.

"Kita berpedoman pada peraturan dari menteri PUPR. Kami pastikan ketika ini dipasang tidak akan mengganggu kualitas waduk," tegas Rudi, Kamis (12/8/2021).

Direktur Anak Perusahaan PT TBS Energi Utami, Nizar Rahman, menjelaskan, pihaknya hanya akan memanfaatkan permukaan air waduk dalam pembangunan PLTS terapung.

Seperti diketahui, PT TBS Energi Utama akan membangun panel surya di atas permukaan waduk Tembesi.

Adapun nilai investasi yang dikeluarkan perusahaan ini mencapai 470 juta dolar Amerika atau setara dengan Rp 7 triliun.

"Intinya kami tidak melakukan kegiatan pengerukan atau semacamnya, hanya memanfaatkan permukaan air waduk saja," ujar Nizar.

Baca juga: Setelah Ada Warga Tenggelam, Telaga Bidadari Batam Kini Ditutup untuk Umum

Menurut Nizar, sesuai dengan peraturan Menteri PUPR, dari total luas waduk tersebut hanya 5 persen permukaan yang boleh dimanfaatkan untuk pembangunan PLTS.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved