Breaking News:

Pengabdian Masyarakat Dosen Politeknik Negeri Batam 2021 di Pulau Mubut

Pengabdian masyarakat oleh Program Studi Akuntansi Manajerial Jurusan Manajemen Bisnis, Politeknik Negeri Batam

Penulis: Renhard Patrecia Sibagariang | Editor: Dewi Haryati
Ist
Foto bersama dengan para peserta kegiatan. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pengabdian masyarakat oleh Program Studi Akuntansi Manajerial Jurusan Manajemen Bisnis, Politeknik Negeri Batam telah dilakukan pada Senin (16/8/2021).

Kegiatan mengangkat tema “Penguatan Kecerdasan Linguistik Sebagai Penunjang Bisnis dan Financial Sustainability Pada Usaha Mikro Desa Wisata Pulau Mubut”.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh masyarakat Pulau Mubut, khususnya Pulau Mubut Laut.

Peserta kegiatan merupakan pelaku usaha mikro, para pemuda desa dan masyarakat sekitar.

Sekadar informasi, Pulau Mubut merupakan kawasan destinasi wisata baru yang perlu dikembangkan baik secara fisik, fasilitas sarana dan prasarana dan sumber daya manusianya.

Desa Mubut merupakan desa binaan yang akan dikembangkan menjadi desa wisata di Pulau Batam.

Hal ini diperlukan kesiapan sumber daya manusia (SDM) di pulau tersebut untuk ikut berkontribusi dalam pengembangan desa wisata.

Salah satu SDM yang perlu ditingkatkan adalah kemampuan pelaku usaha mikro dan masyarakat desa dalam kecerdasan linguistiknya yaitu mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris bisnis.

Dengan kecerdasan linguistik yang dimiliki, maka dapat berkontribusi dalam kegiatan bisnisnya dan pada akhirnya tingkat financial sustainability terjaga dengan baik.

Tujuan kegiatan pengabdian adalah meningkatkan kompetensi masyarakat desa Mubut dalam meningkatkan kecerdasan linguistik (komunikasi dengan bahasa inggris) dalam rangka mengembangkan desa wisata binaan.

Pengabdian masyarakat tahun 2021 ini bekerja sama dengan P2M Politeknik Negeri Batam dan narasumber oleh Bapak Emil Eka Putra, Dosen Universitas Putera Batam.

Ketua pengabdian adalah Sugeng Riadi, SE., M.Ak., Akt., CA yang merupakan dosen Akuntansi Manajerial Politeknik Negeri Batam.

Sedangkan, anggota pengabdian merupakan dosen Manajemen Bisnis yaitu dosen Akuntansi Manajerial dan Administrasi Bisnis.

Pengabdian ini juga melibatkan peran mahasiswa dari program studi Akuntansi dan Akuntansi Manajerial.

Setelah pengabdian ini diselesaikan dengan baik, rencana tahapan kegiatan pengabdian masyarakat ke depan adalah pendampingan penyusunan laporan keuangan untuk pelaku usaha mikro di Pulau Mubut.. (*)

Penulis : Sugeng Riadi, SE., M.Ak., Akt., CA

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved