Breaking News:

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Izinkan Liga 1 dan Liga 2 Diselenggarakan: Harus Dengan Prokes Ketat

Setelah terhenti selama satu tahun, kompetisi Liga 1 musim 2021-2022 diizinkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo

Penulis: Aminudin | Editor: Eko Setiawan
Capture Facebook Live Tribun Jakarta
Kapolri dan Menpora saat press conference 

TRIBUNBATAM.id - Setelah terhenti selama satu tahun, kompetisi Liga 1 musim 2021-2022 diizinkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Meski suasana masih pamdemi, tapi pandemi tidak boleh membuat orang tidak berkegiatan.

Kemudian juga aspirasi dari masyarakat supaya sepak bola segera digulirkan.

Mereka yang juga sedang ada di rumah butuh tontonan. Di samping itu bagi pemerintah sendiri khususnya kementerian Olahraga ada keingin untuk pembentukan tim nasional.

"Karena kita tahu bahwa tahun 2023 nanti kita akana menjadi tuan rumah FIFA World Cup atau sepak bolah dunia U-20 yang harusnya tahun 2021 dimundur ke tahun 2023,"kata menpora.

Baca juga: Berita Persib - Robert Alberts Tancap Gas di Liga 1 Indonesia, Geoffrey Castillion Tiba di Bandung

Baca juga: Kondisi Persib Jelang Liga 1, Terpaksa Latihan Mandiri, Izin Gunakan Stadion GBLA Belum Keluar

Lanjutnya, tentu untuk pembentukan tim nasional kata Menpora butuh kompetisi.

Tanpa kompetisi tidak mungkin Indonesia akan ada tim nasional yang baik.

"Nah berbagai pertimbangan ini kemudian kita sudah rapatkan dengan pihak Satgas, Mabes Polri, dan juga dengan berbagai pihak yang terkait,"kata Menpora dikutip dari tayangan siran langsung facebook Tribun Jakarta, Senin (23/8/2021).

Sementara itu Kapolri mengatakan, pihak Polri sudah melaksanakan beberapaka kali evaluasi terkait dengan permohonan perizinan Liga I dan Liga 2 2021.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa sampai saat ini kita semua masih melaksanakan pengndalian terhadap laju pertumbuhan Covid-19. Pemerintah melaksanakan evaluasi terkait dengan pelaksanaan PPKM yang sudah diselenggarakan,"kata Kapolri.

Dilanjutkannnya, berdasarkan hasil asesmen terkait dengan laju pertumbuhan covid-19 asesmeten terhadap situasi dan penurunan beberapa wilayah sehingga diberikan beberapa kelonggaran berdasarkan hasil asesmen yang dilaksanakan salah satunya dengan mengadakan kegiatan olahraga tentunya dengan berbagai macam pembatasan.

Oleh karena itu kata Kapolri mendasarkan dengan hasil assesment dan evaluasi terhadap kegiatan PPKM maka Polri sepakat untuk memberikan persetujuan perizinan untuk dilaksakan penyelanggaraan Liga I maupun Liga 2.

Kapolri Listyo SIgit Prabowo saat menyerahkan izin keramaian Liga 1 dan Liga 2 kepada Menpora Zainudin Amali, Senin (23/8/2021).
Kapolri Listyo SIgit Prabowo saat menyerahkan izin keramaian Liga 1 dan Liga 2 kepada Menpora Zainudin Amali, Senin (23/8/2021). (Dok: tangkapan layar)

"Namun tentunya tetap harus melaksanakan protokol kesehatan yang ketat. Oleh karena itu kita sepakat dan ini juga sudah disetujui oleh PSII, kemudian para pemilik club, baik Liga I maupun Liga 2, untuk disepekati juga dengan rekan-rekan soporter bola untuk penyelanggaran kali ini dilaksanakan sama-sama tanpa penonton,"kata KApolri.

Dan pelaksanaannya pun kata Kapolri tentunya dilaksanakan dengan penekanan protokol kesehatan secara ketat.

Terhadap pemain yang akan melaksanakan kegiatan pertandingan harus sudah dua kali divaksin.

"Kemudian pada saat akan melaksanakan kegiatan, satu hari sebelumnya dilaksanakan pemeriksaan PCR untuk memastikan bahwa baik pemain maupun ofificial dalam kondisi negatif,"kata Kapolri. (AMINUDDIN)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved