Breaking News:

DKPP Bintan Mulai Lirik Tanaman Sorgum sebagai Sumber Pangan

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bintan mulai mengembangkan benih tanaman Sorgum saat ini

Penulis: Alfandi Simamora | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
DKPP Bintan Mulai Lirik Tanaman Sorgum sebagai Sumber Pangan. Foto Kepala DKPP Bintan, Khairul mendampingi kunjungan Direktur Perbenihan Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia di Desa Toapaya Selatan, Senin (23/8/2021) kemarin 

BINTAN, TRIBUNBINTAN.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bintan mulai mengembangkan benih tanaman Sorgum.

Kepala DKPP Bintan, Khairul menuturkan, pengembangan sorgum itu dilakukan di atas lahan seluas 8 Hektare di Desa Toapaya Selatan, Kecamatan Toapaya, Bintan.

Tanaman pangan ini dinilai memiliki potensi pemanfaatan yang sangat besar. Di antaranya berupa sumber pangan pengganti beras, tepung yang dapat diolah menjadi berbagai varian makanan, gula merah, teh, pakan ternak.

Paling menarik, sorgum free gulaten sehingga sumber pangan ini ramah dengan kesehatan.

"Tanaman Sorgum ini terbilang baru dikembangkan di Bintan. Baru Desa Toapaya Selatan mengembangkan melalui Dana Desa 2020," ujarnya seusai mendampingi kunjungan Direktur Perbenihan Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Senin (23/8/2021) kemarin.

Baca juga: Bintan Zona Oranye Covid, Tren Kasus Baru Terus Menurun Hari Ini Tambah 7 Pasien

Baca juga: Singapura Bantu 16 Unit Oksigen Konsentrator untuk Bintan

Selain di Toapaya Selatan, tanaman Sorgum ini akan dikembangkan juga di Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang di atas tanah seluas 2 Hektare di tahun 2021.

"Soalnya, tanaman ini memiliki banyak potensi dan merupakan salah satu komoditas yang menarik untuk diselami lebih dalam," ungkapnya.

Khairul menambahkan, tanaman Sorgum memiliki karakter tanaman yang kuat, tahan kering, risiko kegagalan produksi rendah dan input pertanian yang rendah.

Selain biji Sorgum, semua bagian tanaman Sorgum juga dapat dimanfaatkan.

"Sorgum juga bisa ditanam sebagai tanaman sela, tidak harus monokultur," tutupnya. (*/tribunbatam.id/Alfandi Simamora)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Bintan

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved