Breaking News:

Tingkatkan Budaya Menabung, OJK Kepri Adakan KEJAR Kreasi Anak Indonesia

Kepala OJK Kepri Rony Ukurta Barus menyebut target kegiatan KEJAR Kreasi Anak Indonesia (KREASI) adalah pelajar dan orang tua pelajar

Penulis: Rebekha Ashari Diana Putri | Editor: Dewi Haryati
ISTIMEWA
Tingkatkan Budaya Menabung, OJK Kepri Adakan KEJAR Kreasi Anak Indonesia. Foto Rony Ukurta Barus selaku Kepala OJK Provinsi Kepulauan Riau 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Dalam rangka meningkatkan inklusi keuangan serta mendorong minat menabung masyarakat, Presiden Joko Widodo telah menetapkan Keputusan Presiden Nomor 26 Tahun 2019 Tentang Hari Indonesia Menabung yang ditetapkan setiap tanggal 20 Agustus.

Menindaklanjuti arahan presiden, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) bersama kementerian dan lembaga terkait dan industri perbankan telah menginisiasi program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) yang telah diluncurkan pada tanggal 5 Oktober 2020 lalu.

"Sebagai salah satu bentuk aksi dalam mendukung Keputusan Presiden serta komitmen dalam implementasi program KEJAR, OJK Kepulauan Riau mengadakan kegiatan KEJAR Kreasi Anak Indonesia (KREASI) dengan tema “Satu Rekening Satu Pelajar, Wujudkan Impian Anak Indonesia pada tanggal 24 Agustus 2021," ucap Rony Ukurta Barus selaku Kepala OJK Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Adapun target peserta dalam pelaksanaan kegiatan KREASI adalah pelajar dan orang tua atau wali pelajar, dengan beberapa rangkaian perlombaan.

Terdiri dari lomba mewarnai tingkat Sekolah Dasar atau sederajat kelas 4,5, dan 6, lomba menggambar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat, lomba video tik-tok tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan tema “Menabung itu mudah”.

OJK bersama Kementerian/Lembaga terkait dan Industri Perbankan telah menginisiasi program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR)
OJK bersama Kementerian/Lembaga terkait dan Industri Perbankan telah menginisiasi program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) (Ist)

Pada kegiatan puncak Kreasi tanggal 24 Agustus 2021 tersebut, OJK Kepri juga menyelenggarakan webinar "Menciptakan Generasi Cerdas Keuangan" dengan target pesertanya adalah orang tua atau wali dari para peserta lomba serta dihadiri oleh Gubernur kepri dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepri.

Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari banyak pihak dan mendapatkan antusias yang besar dari lebih 400 peserta.

Baca juga: OJK Terbitkan 3 Peraturan Baru, Bank Harus Inovatif Hadapi Transformasi Digital

Baca juga: Lebih Aman, Ini 5 Aplikasi Investasi Reksa Dana yang Terdaftar di OJK

Pemilihan target peserta yaitu pelajar, dilatarbelakangi oleh hasil survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan yang dilakukan oleh OJK terhadap kelompok pelajar pada tahun 2019.

Dimana tingkat literasi keuangan kelompok usia 15-17 tahun sebesar 15,92 persen dan tingkat inklusi keuangan kelompok usia 15-17 tahun sebesar 58,28 persen.

Data tersebut menunjukkan bahwa pengetahuan serta pemanfaatan produk dan layanan keuangan relatif masih rendah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved