Breaking News:

BP Batam Berikan Tunda Bayar UWT Tanpa Bunga, Rudi: Pengusaha Harus Membangun Lahan secara Maksimal

BP Batam memberikan keringanan tunda bayar uang wajib tahunan otorita (UWT) tanpa bunga dengan masa tenggang paling lama lima tahun.

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Agus Tri Harsanto
Ist
Kepala BP Batam Muhammad Rudi. BP Batam memberikan tunda bayar UWT tanpa bunga. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Badan Pengusahaan Batam memberikan keringanan tunda bayar uang wajib tahunan (UWT) tanpa bunga dengan masa tenggang paling lama lima tahun.

Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Kepala (Perka) BP Batam Nomor 18 Tahun 2020 yang merupakan perubahan atas Perka Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pengelolaan Lahan.

Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengatakan, berlakunya keringanan tunda bayar ini tergantung pada permohonan penerima alokasi lahan untuk keperluan penanaman modal dengan kriterai tertentu.

"Itu tergantung pengajuan mereka yang punya lahan, tetapi yang bermohon juga tak ada, atau sedikit. Jumlahnya saya kurang tahu," ujar Kepala BP Batam Muhammad Rudi, Rabu (4/8/2021).

Menurut Rudi, apabila pemilik alokasi lahan memiliki rencana investasi yang jelas, maka BP Batam akan mendukung proses perpanjangan UWT maupun keringanan pembayarannya.

"Kalau yang perpanjangan UWT, itu menjadi prioritas, kami bantu," ujar Rudi

Namun, pihaknya menilai, banyak pengusaha yang belum memanfaatkan lahan yang diberikan secara maksimal.

Rudi mengungkapkan, hampir semua lahan yang telah dialokasikan sejak tahun 2020 belum terlihat adanya pembangunan yang signifikan.

Maka BP Batam pun mulai memilah permohonan Alokasi Lahan yang baru masuk, agar dapat diberikan kepada investor yang tepat dan memiliki rencana yang jelas dalam membangun Kota Batam.

"Ada yang sudah setahun setengah kami berikan (lahan) tapi tak dibangun-bangun juga. Bagi yang tidak kunjung membangun maka lahan akan kami tarik," tegas Rudi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved