Breaking News:

KEPRI TERKINI

Gubernur Kepri Ansar Ahmad Ajak Bupati dan Wali Kota Manfaatkan Dana SMI

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengajak kepala daerah di Kepri mengkaji peluang peminjaman untuk pembangunan infrastruktur ke PT SMI

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat memimpin Rapat Kabupaten dan Kota di Kepri dengan PT SMI di ruang kerja Gubernur, Dompak, Tanjungpinang, Selasa (31/8/2021) 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengajak seluruh Bupati dan Wali kota bersama-sama mengkaji peluang peminjaman untuk pembangunan infrastruktur di daerah masing-masing ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Gubernur Kepri itu menyadari di masa pandemi ini keuangan daerah dalam keadaan yang tersulit. Namun pembangunan infrastruktur tetap harus dilaksanakan.

"Saat-saat ini kita pemerintah daerah baik provinsi atau kabupaten kota mengalami nasib yang sama karena persoalan pandemi, kesulitan memenuhi anggaran untuk melanjutkan pembangunan di daerah," kata Ansar Ahmad saat memimpin Rapat Kabupaten dan Kota di Kepri dengan PT SMI di ruang kerja Gubernur di Dompak, Tanjungpinang, Selasa (31/8/2021).

Rapat ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Gubernur Kepri Ansar dan jajarannya ke kantor PT SMI di Jakarta pada Selasa (24/8/2021) lalu.

Setelah mendengar paparan dari tim SMI, Ansar mengatakan, peluang peminjaman ini sangat bermanfaat apabila digunakan sebaik-baiknya untuk pembangunan infrastruktur yang terkait kebutuhan dasar pelayanan masyarakat. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri pun dalam waktu dekat akan mengajukan permohonan pinjaman ke PT SMI.

Baca juga: Gubernur Kepri Perkuat Sinergi Lembaga Pemberdayaan Bangun Kesejahteraan Warga

Baca juga: Gubernur Kepri Minta OPD Pemprov Kepri Perbanyak Program Bantuan ke Masyarakat

"Dalam waktu dua hari ini kita akan selesaikan permohonan tersebut," ujar Ansar.

Dalam situasi pandemi Covid-19 seperti ini, Ansar menginginkan agar seluruh daerah di Kepri terus aktif mencari sumber-sumber pembiayaan alternatif selain dari APBD dan APBN. Ia mengingatkan bahwa tugas pemerintah adalah memastikan kebutuhan dan fasilitas dasar masyarakat selalu terpenuhi.

Infrastruktur memegang peranan penting sebagai salah satu roda penggerak pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Keberadaan infrastruktur yang memadai sangat diperlukan dan merupakan bagian dalam sistem pelayanan masyarakat.

"PT SMI ini karena memang BUMN di bawah Kementerian Keuangan memang memiliki tugas sebagai katalisator pembangunan di daerah," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Pembiayaan Publik PT SMI Erdian mengatakan, PT SMI sebagai Special Mission Vehicle (SMV) di bawah koordinasi Kementerian Keuangan mempunyai fungsi dalam percepatan pembiayaan pembangunan infrastruktur sekaligus pembiayaan pembangunan lainnya berdasarkan tugas pemerintah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved