Breaking News:

TANJUNGPINANG TERKINI

Wali Kota Rahma Komit Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik

Wali Kota Tanjungpinang Rahma mengikuti rakorwasdanas lewat daring bersama Mendagri, KPK dan pihak terkait lainnya

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Wali Kota Tanjungpinang, Rahma saat mengikuti rapat koordinasi pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah secara nasional (Rakorwasdanas) melalui daring di rapat Engku Putri Raja Hamidah, Kantor Wali Kota, Selasa (31/8/2021). 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Dalam rangka pemantapan pelaksanaan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), Kemendagri, KPK dan BPKP melaksanakan rapat koordinasi pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah secara nasional (Rakorwasdanas) melalui daring.

Rakorwasdanas itu disejalankan dengan peresmian pengelolaan bersama Monitoring Centre Prevention (MCP) pencegahan korupsi dengan mengikutsertakan Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia.

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma pun hadir secara virtual.

Ketua KPK, Firli Bahuri menyampaikan, MCP merupakan salah satu instrumen dalam pemberantasan korupsi di daerah dan Pengawasan Intern Pemerintah.

MCP merupakan bentuk implementasi mitigasi atas risiko korupsi melalui pemantauan perbaikan dalam 7 area rawan korupsi dan 1 area penguatan institusi.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (tribunbatam.id/istimewa)

“Terdapat 8 indikator progres keberhasilan daerah dalam upaya pencegahan praktik korupsi. Di antaranya yaitu Perancanaan dan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, APIP atau Inspektorat, Manajemen ASN, Optimalisasi Pajak Daerah, Manajemen Aset Daerah dan Tata Kelola Dana Desa”, jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Rahma menyampaikan dukungan atas pengelolaan bersama MCP pencegahan korupsi.

Baca juga: Wali Kota Tanjungpinang Kawal Uji Coba Belajar Tatap Muka saat Pandemi Covid-19

Baca juga: Kisah Ali Penambang Boat Pancung di Tanjungpinang Bertahan Saat Pandemi Covid-19

"Pemerintah Kota Tanjungpinang akan terus berkomitmen dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih dari korupsi," ujarnya di rapat Engku Putri Raja Hamidah, Kantor Wali Kota, Selasa (31/8/2021).

Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat membangun komitmen tingkat pusat dan pemerintah daerah dalam Pelaksanaan Aksi Pencegahan Korupsi yang dilaporkan melalui MCP, meningkatkan awareness kepala daerah terhadap peran dan fungsi APIP dalam melakukan pengawasan penyelanggaraan.

Sehingga dapat terbangun kesamaan persepsi terhadap kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah dalam pengelolaan keuangan daerah di masa pandemi Covid-19, serta fokus sasaran pengawasan penganggaran pemerintah daerah.

Launching MCP ditandai dengan menekan tombol virtual launching secara bersamaan antara Mendagri, KPK, dan BPKP.

Selain itu, juga dilakukan launching aplikasi SIWASIAT (Sistem Informasi Pengawasan Inspektorat Jendral), serta penyerahan apresiasi piagam penghargaan dari Mendagri kepada 10 pemerintah daerah provinsi yang telah secara tepat waktu menindaklanjuti hasil pengawasan Inpektorat Jenderal Kemendagri.

Terakhir kegiatan dilanjutkan dengan Rakorwasdanas 2021.

(Tribunbatam.id/endrakaputra)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Tanjungpinang

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved