Breaking News:

INFO CUACA

BMKG Ungkap Penyebab Wilayah Kepri Mulai Hujan Terus Menerus

BMKG mengungkapkan penyebab wilayah Kepri diguyur hujan terus menerus meskipun belum memasuki musim hujan. Simak penjelasannya.

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/BERES LUMBANTOBING
Hujan mengguyur di sejumlah wilayah Kepri belakangan ini. BMKG mengungkapkan penyebab wilayah Kepri diguyur hujan terus menerus meskipun belum memasuki musim hujan. 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Dalam kurun satu minggu ini, cuaca di Kepulauan Riau (Kepri) terus turun hujan.

Intensitas hujan yang turun mulai sedang hingga hanya gerimis saja. 

Padahal bila mengingat pada tahun sebelumnya, musim hujan biasa mulai dirasakan pada awal bulan September hingga ahkir tahun di bulan Desember. 

Berikut penjelasan Kordinator Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas l Hang Nadim Batam, Sutarman. 

"Cuaca yang terjadi saat ini dikarenakan adanya siklon tropis di Vietnam, dan di Indonesia juga terjadi di kawasan Kalimantan bagian barat dan Kalimantan bagian tengah. Siklon tropis itu pusat tekanan rendah membawa uap air cukup banyak sehingga berpotensi menimbulkan hujan," ucapnya, Kamis(2/09/2021). 

Namun hujan yang terjadi juga tidak bisa diprediksi berapa lamanya. 

"Temporary sifatnya, sebentar hujan, dan sebentar panas, bisa hujan seharian. Untuk wilayah Kepri kita bisa prediksi hanya 3 hari saja, setiap 3 hari pasti update terus," ucapnya. 

Sutarman pun menyebutkan, kondisi cuaca saat ini tidak berdampak pada ancaman kegiatan masyarakat.

Baca juga: GRATIS! Tes Antigen Untuk Calon ASN yang Melamar ke Pemko Batam

"untuk saat ini gak ada bahaya, gak ada gelombang tinggi, angin masih normal, dan hujan sifatnya tidak merata saja. jadi tidak ada ancaman cuaca buruk," ucapnya. 

Ia menjelaskan, berkaca pada tahun sebelumnya puncak hujan akan terjadi pada Mei dan Desember. 

Ditanyakan, bagaimana pengaruh yang dirasakan Kepri berda di bawah garis khatulistiwa? 

"Pengaruh pada daerah Kepri untungnya tidak mengenal musim kemarau. Tetap pasti akan terjadi hujan walapun sebulan sekali. Tapi hujannya sporatis, hujan lebat tapi hanya sebentar aja, dan tidak merata," jawabnya. 

Ditanyakan kembali apakah aktivitas kelautan masih aman untuk dilakukan? 

"Aktivitas dilaut masih aman, dan gelombang laut juga rendah. Gelombang tinggi kalau di Kepri pas angin utara aja. Biasanya pasti kita keluarkan warning," ucapnya. (TRIBUNBATAM.id/Endra Kaputra) 

*Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved