Breaking News:

Permudah Akses Peserta, BPJS Kesehatan Sediakan Depacito untuk Pendaftaran.

BPJS Kesehatan Cabang Batam mengenalkan Depacito atau Dropbox Elektronik Peserta CITO untuk mempermudah nasabahnya.

Penulis: Renhard Patrecia Sibagariang | Editor: Tri Indaryani
Permudah Akses Peserta, BPJS Kesehatan Sediakan Depacito untuk Pendaftaran.
Ist
BPJS Kesehatan Cabang Batam mengenalkan Depacito atau Dropbox Elektronik Peserta CITO untuk mempermudah nasabahnya.

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Depacito atau Dropbox Elektronik Peserta CITO adalah inovasi yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Batam dalam rangka memperluas kanal layanan non tatap muka melalui dropbox elektronik.

Melalui link barcode yang disediakan di kantor kelurahan dan tempat umum lainnya, setiap peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dapat melakukan pendaftaran menjadi peserta JKN-KIS dengan lebih mudah.

Maihendra selaku Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta (P4) BPJS Kesehatan Cabang Batam mengatakan bahwa Depacito disediakan untuk mengakomodir peserta yang mengalami kendala melakukan pendaftaran melalui kanal layanan yang sudah disediakan sebelumnya.

Semakin banyak kanal yang disediakan, pihaknya berharap dapat meningkatkan kepuasan peserta terhadap kemudahan proses pendaftaran.

“Seperti yang kita tahu, BPJS Kesehatan sudah menyediakan banyak sekali kanal layanan, baik itu Care Center 1500 400, Mobile JKN, dan Pandawa. Tapi tidak bisa dipungkiri pasti terdapat kekurangan dari kanal tersebut. Untuk itu kami berupaya memberikan kemudahan pendaftaran peserta melalui link barcode yang kami sebut Depacito dengan harapan bisa menjangkau peserta yang masih belum terakomodir,” kata Maihendra.

Maihendra menjelaskan link barcode ini nantinya akan ditempatkan di kantor kelurahan, kecamatan, atau tempat umum lainnya dan di share di grup whatsapp/telegram.

Sehingga bagi masyarakat yang ingin mendaftar cukup melalukan scan barcode, mengisi data peserta di link dropbox, mengirim berkas pendaftaran melalui whatsapp dropbox, kemudian akan diproses dalam waktu 1x24 jam.

“Selain untuk pendaftaran peserta baru, link ini bisa juga digunakan untuk peralihan segmen kepesertaan ke PBPU. Dengan waktu tunggu 1x24 jam, diharapkan petugas BPJS Kesehatan dapat mengakomodir kebutuhan pelayanan peserta dengan lebih baik. Semoga nanti antrian di kantor cabang berkurang begitu juga dengan antrian pendaftaran melalui Pandawa sehingga peserta tidak perlu menunggu lama karena semakin banyak kanalnya,” kata Maihendra.

Hanafi selaku Sekretaris Camat Belakang Padang salah satu wilayah di Kota Batam yang harus dijangkau dengan menyebrangi laut mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut baik terkait adanya kemudahan pendaftaran online melalui dropbox.

“Masih banyak masyarakat kami yang belum memiliki jaminan kesehatan. Dengan adanya kanal ini kami juga dapat menghimbau masyarakat untuk melakukan pendaftaran tanpa harus menyebrang ke pulau Batam,” kata Hanafi.

Ia juga berharap ke depan capaian kepesertaan JKN-KIS di wilayahnya semakin meningkat dengan informasi yang diberikan oleh BPJS Kesehatan terkait kuota PBPU Pemerintah Daerah yang masih tersedia.

“Kami juga akan meminta perangkat desa untuk dapat melakukan pendataan warga yang kurang mampu, agar bisa dijamin oleh pemerintah,” kata Hanafi. (*)

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved