Breaking News:

LINGGA TERKINI

Diperebutkan 2 Provinsi, Kabag Hukum M Jais: Pulau Tujuh Sah Milik Kabupaten Lingga

Saat ini Pulau Tujuh masih diklaim wilayah di Provinsi Babel. Sementara secara administrasi dan aturan, Pulau Tujuh masuk wilayah Lingga Kepri

Penulis: Febriyuanda | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Dermaga Pulau Tujuh atau Pekajang di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Pulau ini diisukan masih jadi rebutan antara Bangka Belitung dan Kepri 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Wilayah Pulau Tujuh diisukan masih menjadi perebutan antara Provinsi Bangka Belitung dan Provinsi Kepri.

Sengketa ini telah bergulir lama. Terbaru, dikutip dari BANGKAPOS.COM, Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menegaskan bahwa Pulau Tujuh masuk dalam wilayah Provinsi Bangka Belitung.

Hal itu ia sampaikan, berdasarkan peraturan pembentukan Provinsi Babel.

"Tidak ada alasan masuk wilayah Kepulauan Riau (Kepri) karena pembentukan Provinsi Bangka Belitung lebih dahulu, ketimbang Kabupaten Lingga, dalam pembentukan Provinsi Kepri tidak ada sampai Pulau Tujuh," kata Erzaldi, Senin (6/9/2021).

Pemprov Babel melihat, Pulau Tujuh masuk wilayah Babel saat menjadi provinsi sesuai Undang undang Nomor 27 Tahun 2000 dan berada di kawasan Kabupaten Bangka.

Baca juga: Pasca Pelantikan Pejabat, Bupati dan Wabup Lingga Gelar Rapat dengan Semua Kabag

Baca juga: Warga Pulau Terluar di Batam Terima Sertifikat Lahan

Meski letak geografis Pulau Tujuh dekat dengan Provinsi Babel, di lapangan pulau terluar itu masih masuk ke dalam Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri.

Itu sesuai dengan Undang Undang (UU) Nomor 31 tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Lingga. Dinyatakan Pulau Tujuh masuk ke Kabupaten Lingga.

Kabag Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Lingga, Jumadi mengatakan, bahwa saat penyusunan rencana Tata Ruang di Pulau Tujuh atau Pekajang, pihaknya duduk bersama Bapeda Bangka Belitung (Babel).

Ia mengatakan, berdasarkan peta dari kebijakan informasi geografis letak Pulau Tujuh memang berada dalam wilayah Kabupaten Lingga.

Jumadi melanjutkan, secara hukum tidak ada persoalan antara Babel terkait status pulau yang ada di Pulau Tujuh.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved