Breaking News:

Indonesia Terima Vaksin Covid-19 Johnson and Johnson Hibah Pemerintah Belanda

Menlu RI mengatakan, vaksin covid-19 Johnson and Johnson hibah dari Pemerintah Belanda merupakan ketiga kalinya diterima Indonesia.

Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Istimewa
Indonesia kedatangan vaksin covid-19 Johnson hibah dari Pemerintah Belanda. Foto Ilustrasi Vaksin Covid-19 Johnson & Johnson 17 November 2020. 

JAKARTA, TRIBUNBATAM.id - Indonesia kembali kedatangan vaksin Covid-19.

Sebanyak 500 ribu dosis vaksin Johnson and Johnson datang pada tahap ke-56.

Vaksin Covid-19 Johnson and Johnson adalah vaksin yang dikembangkan oleh Janssen Pharmaceutical Companies dengan platform Non-Replicating Viral Vector menggunakan vector Adenovirus (Ad26).

Vaksin ini diproduksi di beberapa fasilitas produksi, antara lain di Grand River USA, Aspen South Africa, dan Catalent Indiana, USA.

Di Indonesia, vaksin ini didaftarkan oleh PT Integrated Health Indonesia (IHI) sebagai pemegang EUA dan bertanggung jawab untuk penjaminan keamanan, khasiat dan mutu vaksin.

Kehadiran vaksin dari Pemerintah Belanda ini memperpanjang jumlah vaksin yang masuk ke Indonesia.

Sebelumnya, Rusia juga membangun pabrik produksi vaksin Covid-19 Sputnik V di Indonesia.

"Indonesia menerima untuk pertama kalinya vaksin Johnson sebanyak 500.000 dosis dari pemerintah Belanda," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat menyambut kedatangan vaksin secara virtual seperti dilansir Tribunnews.com, Sabtu, (11/9/2021).

Sebelumnya Badan POM menerbitkan Izin Penggunaan Darurat/Emergency Use Authorization (EUA) bagi vaksin Johnson and Johnson (Janssen) pada 7 September lalu.

Indikasi penggunaan vaksin Johnson and Johnson diberikan kepada orang berusia 18 tahun ke atas dengan pemberian sekali suntikan atau dosis tunggal sebanyak 0,5 mL secara intramuscular vaksin ini memerlukan kondisi penyimpanan pada suhu khusus, yaitu 2-8oC.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved