Breaking News:

Kadisbudpar Batam: Pokdarwis Punya Peran Penting Majukan Pariwisata

Dinas Pariwisata Kepri menggelar pembinaan desa wisata dan Kelompok Sadar Wisata. Kegiatan ini mendatangkan narasumber di antaranya Kadisbudpar Batam

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Kadisbudpar Batam: Pokdarwis Punya Peran Penting Majukan Pariwisata. Foto Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batam Ardiwinata dan Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepri menggelar kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dan Pengelolaan Kawasan Strategis Pariwisata Provinsi atau Pembinaaan Desa Wisata dan Kelompok Sadar Wisata Tahun 2021, bertempat di Beverly Hotel Batam.

Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta yang berasal dari anggota Pokdarwis dan pengelola wisata swasta Kota Batam.

Kepala Dispar Kepri, Buralimar membuka langsung kegiatan ini. Ia mengatakan Dispar pertama kali menggelar pembinaan bagi Pokdarwis di Kota Batam.

Kegiatan ini bertujuan memacu semangat para anggota Pokdarwis Kota Batam saat pandemi Covid-19, terlebih saat ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) fokus memajukan pariwisata.

"Kita datangkan dua narasumber yakni Pak Kadis Ardiwinata (Kadisbudpar Kota Batam) dan Pak Gery, Pengelola Pandang Tak Jemu Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip,” katanya belum lama ini.

Baca juga: Tenang Coffe and Resto, Tempat Nongkrong di Hutan Wisata Mukakuning Batam

Baca juga: Pembangunan Sirkuit Internasional di Batam Bakal Gabungkan 3 Destinasi Wisata

Dengan harapan kegiatan, pariwisata Kepri bergairah kembali menuju wisata Aman tahun 2022.

Narasumber, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Ardiwinata, mengatakan Desa Wisata dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) mempunyai peran penting memajukan pariwisata di Kota Batam khususnya dan Kepri umumnya.

“Pokdarwis ini adalah kelompok masyarakat yang memiliki peran penting dan kontribusi pariwisata di daerahnya,” katanya.

Ia menyampaikan, seorang anggota Pokdarwis harus memahami Sapta Pesona yaitu konsep sadar masyarakat sadar wisata sebagai tuan rumah destinasi dalam upaya menciptakan lingkungan dan suasana kondusif, yang mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya industri pariwisata, melalui tujuh unsur yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan.

“Jangan bicara profit dulu, tetapi apa yang kita siapkan. Bagaimana mengelola pariwisata yang baik karena kita adalah pelaku pariwisata,” tegasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved