Breaking News:

XL Axiata Bentang Jaringan 4G Hingga Kawasan Timur Indonesia

XL Axiata terus berkomitmen membangun jaringan telekomunikasi berkualitas 4G di kawasan timur Indonesia.

TribunBatam.id/Istimewa
XL AXIATA - Base Transceiver Station (BTS) USO XL Axiata Maluku. XL Axiata komitmen membangun jaringan 4G hingga kawasan timur Indonesia. 

TRIBUNBATAM.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus membangun infrastruktur jaringan 4G ke berbagai wilayah terpencil di Kawasan Timur Indonesia.

Termasuk pembangunan dengan mengoptimalkan skema Universal Service Obligation (USO).

Bekerja sama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), sedikitnya ada 181 titik terpencil yang berada di Kepulauan Maluku yang sangat luas, serta di Papua.

Pengoperasian BTS USO yang telah dimulai dari Desember 2019 dan terus bertambah sepanjang 2020, merupakan bagian dari implementasi komitmen XL Axiata memasuki usia 25 tahun dalam upaya Membangun Indonesia Digital.

"Memanfaatkan program USO, kami berupaya untuk turut menyediakan jaringan 4G hingga area-area pelosok di 14 kabupaten yang berada di Kepulauan Maluku yang sangat luas.

Baca juga: Xl Axiata, Tokopedia dan Grab Jalin Kerja Sama, Dorong Penjualan saat Pandemi Covid-19

Baca juga: XL Axiata Gelar Demo Layanan 5G Pasca Lolos Uji Laik Operasi dari Kominfo

Mulai Halmahera di Utara, Maluku Tengah, hingga Kepulauan Aru di Selatan.

Selain itu, kami juga mulai melayani 10 kabupaten di Papua dan Papua Barat yang rata-rata memiliki medan yang sulit.

Semoga keberadaan ratusan infrastruktur jaringan 4G tersebut mampu mendorong produktivitas ekonomi dan memfasilitasi kebutuhan sosial warga sekitar, serta membuka keterisolasian mereka dari dunia luar," ucap Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa.

Gede menyebutkan, 83 titik BTS USO 4G yang telah dioperasikan di Maluku Utara saat ini, tersebar di Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Kepulauan Sula, Kota Tidore Kepulauan, dan Kabupaten Pulau Taliabu.

Sementara itu di Provinsi Maluku ada total 39 BTS USO, tepatnya berlokasi di Kabupaten Buru, Kabupaten Buru Selatan.

Kemudian Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat, dan Kabupaten Seram Bagian Timur.

Untuk di Propinsi Papua ada total 36 BTS USO, berada di Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Mappi, dan Kabupaten Merauke.

Baca juga: Kantongi Izin, XL Axiata Siap Operasikan Jaringan 5G di Indonesia

Baca juga: XL Axiata Fokus Digitalisasi di Semua Lini Bisnis, Raup Laba Rp 395 Miliar pada Kuartal Ke-2 2021

Sementara di Propinsi Papua Barat ada total 23 BTS USO, berada di Kabupaten Fakfak, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Maybrat, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Teluk Bintuni dan Kabupaten Teluk Wondama.

Layanan 4G XL Axiata di kepulauan Maluku, serta Papua telah mulai beroperasi sejak Desember 2019 dan terus bertambah sepanjang 2020.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved