Breaking News:

CORONA KEPRI

Aturan Baru WNI Masuk Indonesia, Wajib Karantina Sesuai Eskalasi Kasus Positif Daerah

Pemerintah membuat aturan baru bagi WNI yang masuk Indonesia dalam rangka penanganan covid-19. Bagaimana teknisnya di Batam?

TRIBUNBATAM.id/BERES LUMBANTOBING
Pemerintah Pusat membuat aturan baru bagi WNI yang masuk Indonesia, khususnya masuk lewat Batam. Foto petugas Kesehatan Pelabuhan melalukan pemeriksaan dokumen kesehatan penumpang datang di Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Aturan baru dibuat Pemerintah Pusat terkait pelaku perjalanan Internasional masuk ke Indonesia.

Ini diatur dalam surat keputusan terbaru Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021.

Surat tersebut mengatur tentang pintu masuk (entry point), tempat karantina serta kewajiban RT-PCR bagi Warga Negara Indonesia.

Dalam surat keputusan tersebut, pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Indonesia wajib menjalani karantina selama 8x24 jam dari negara asal dengan eskalasi kasus positif rendah.

Sedangkan karantina selama 14 x 24 jam dari negara asal dengan eskalasi kasus positifnya tinggi.

Baca juga: Warga Batam Antusias Ikuti Vaksinasi Corona di Polsek Batuaji

Baca juga: UPDATE PPKM: Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal, Bioskop Dibuka 14 Jam

"Iya benar, wajib karantina sesuai eskalasi kasus positif di daerah," ujar Kepala Bidang Pengendalian Karantina dan Surveilan Epidemiologi Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Batam, Romel Simanungkalit, Rabu (21/9/2021).

Di Batam sejumlah lokasi karantina telah ditetapkan.

Mulai dari Rusun Pemko Batam, Rusun BP Batam dan Rusun Putra Jaya.

Sementara itu bagi mereka yang tidak bersedia melakukan karantina di lokasi yang sudah ditetapkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 nasional atau daerah, maka karantina dapat dilakukan di hotel karantina terpusat yang telah ditentukan Satgas Penanganan Covid-19 dengan biaya mandiri.

Dalam poin keenam juga menjelaskan, jika tempat karantina terpusat bagi WNI pelaku perjalanan internasional hanya diperuntukan bagi pekerja migran Indonesia yang kembali ke Indonesia untuk menetap minimal 14 hari di Indonesia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved