Breaking News:

BATAM TERKINI

Kapan Siswa SMA di Batam Mulai Belajar Tatap Muka? Walikota: Tergantung Pak Gubernur

Saat ini, siswa sekolah baik SMP maupun SD di Batam sudah diizinkan menggelar pembelajaran tatap muka. Lantas kapan siswa SMA juga diberi izin?

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
TribunBatam.id/Ian Sitanggang
Proses belajar tatap muka di SMPN 27 Batam di Kelurahan Sei Pelunggut Kecamatan Sagulung Batam, Provinsi Kepri, Rabu (22/9/2021). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Terkait sistem kebijakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah tingkat SMA, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyerahkan penuh kepada Gubernur Kepri, Ansar Ahmad.

"Tergantung Pak Gubernur, kita tunggu saja karena wewenangnya di Pak Gubernur," ujar Rudi, Jumat (24/9/2021).

Apabila Ansar sudah mengizinkan, Rudi pun akan mengizinkan. Lantaran izin operasional berada di tangan Ansar.

"Batam sudah kita buka," kata Rudi.

Kendati demikian, tegasnya, protokol kesehatan secara ketat harus diterapkan. Seperti pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan dan menggunakan hand sanitizer.

Sebelumnya diberitakan menyetujui Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dimulai, Wali Kota Batam Muhammad Rudi menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 52/419.1/DISDIK/IX/2021. Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun Ajaran 2021/2022 di masa Pandemi Covid-19.

Rudi meminta kepada Kepala Satuan Pendidikan PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SKB Negeri/Swasta dan PKBM/LKP tentang sejumlah hal.

Pertama, kepada satuan pendidikan yang telah mendapatkan rekomendasi PTM dari Dinas Pendidikan Kota Batam diperbolehkan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas terhitung mulai Selasa, 21 September 2021.

Baca juga: DAFTAR 7 Pedoman Sekolah Tatap Muka di Batam, Boleh Dibuka Mulai 21 September 2021

Baca juga: ATURAN PPKM Level 3 Batam hingga 4 Oktober, Bioskop Buka hingga Sekolah Tatap Muka 

Dalam pelaksanaannya, berpedoman pada Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 Tahun 2021. Nomor HK.01.08 MENKES/4242/2021, Nomor 440-717 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 dan wajib memenuhi 6 (enam) daftar periksa sebelum memastikan pembelajaran tatap muka diaksanakan.

"Di antaranya, ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan seperti toilet bersih dan layak, sarana cuci tangan pakai sabun di air mengalir atau hand sanitizer dan disinfektan," kata Rudi.

Lalu, mampu mengakses fasilitas pelayanan kesehatan, kesiapan menerapkan wajib masker, memiliki alat pengukur suhu badan atau thermogun. Kemudian, memiliki pemetaan warga satuan pendidikan diantaranya yang memiliki komorbid, tidak memiliki akses transportasi yang aman.

"Serta mendapat persetujuan komite sekolah dan perwakilan orangtua," ujarnya. (TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved