Breaking News:

PII Dorong Kesiapan Pemerintah Hadapi Situasi Pandemi Covid-19 Menjadi Endemi

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dorong kesiapan pemerintah Indonesia hadapi situasi ketika pandemi covid-19 berubah menjadi endemi lewat webinar

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Ir. Heru Dewanto (kiri) bersama Moderator Teguh Haryono (kanan), saat sesi diskusi webinar yang berlangsung pada acara pembukaan Rapimnas PII, Jumat (24/9/2021) di Aula Politeknik Batam, Batam Centre 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Persatuan Insinyur Indonesia (PII) sebagai organisasi profesi insinyur mendorong kesiapan Indonesia menghadapi situasi ke depan ketika pandemi covid-19 menjadi endemi di Indonesia.

Melalui pengembangan kompetensi profesi keinsinyuran berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi, PII mengajak semua pihak menggerakkan ekonomi dan membangun sistem kesehatan masyarakat.

Hal itu terungkap dalam Webinar Nasional "Menyongsong Endemi Covid-19 : Peran Insinyur untuk Menggerakkan Ekonomi dan Membangun Sistem Kesehatan Masyarakat" dalam rangka Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) Persatuan Insinyur Indonesia (PII) 2021 yang berlangsung di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (24/9/2021).

Ketua Umum PII Dr. Ir. Heru Dewanto, ST, MSc.(Eng), IPU, ASEAN Eng dalam sambutan pembukaan, menyatakan bahwa PII sebagai otoritas profesi keinsinyuran berharap menjadi pendorong kemandirian Bangsa bersama pemerintah dan elemen bangsa lainnya sebagai agen perubahan dan pembangunan.

“Melalui Webinar ini diharapkan lahir pemikiran-pemikiran keinsinyuran yang mendorong kesiapan menyongsong perubahan pandemi covid-19 menjadi endemi.

Misalnya tentang jumlah warga masyarakat yang telah mendapatkan vaksin covid19, kesiapan infrastruktur teknologi Kesehatan. Termasuk juga ketersedian dan kesiapan teknologi di dalam masyarakat agar bisa selalu menerapkan protokoI Kesehatan. Seperti teknologi masker, teknologi pemumian udara, higinitas fasilitas umum,” kata Heru Dewanto.

Beberapa negara sudah menyatakan bahwa Covid-19 menjadi endemi adalah pilihan terbaik. Endemi adalah penyakit yang berjangkit di suatu daerah atau pada suatu golongan masyarakat

Endemi merupakan keadaan atau kemunculan suatu penyakit yang konstan atau penyakit tersebut biasa ada di dalam suatu populasi atau area geografis tertentu. Contohnya di Indonesia seperti penyakit endemi malaria dan demam berdarah dengue (DBD).

“Saat pandemi Covid-l9 berubah menjadi endemi maka diperlukan banyak hal termasuk kesiapan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di dalam kehidupan secara luas. Dan peran tenaga-tenaga kesehatan dan karya-karya teknologi dari para insinyur menjadi sangat vital,” kata Heru Dewanto.

Saat pandemi menjadi endemic nanti, selain aspek kesehatan, maka sektor ekonomi juga perlu segera digerakkan agar pemulihan perekonomian bisa dilakukan dengan baik. Dua sektor ini tentu harus dikelola secara bijak agar kehidupan normal yang baru dapat benar-benar dialami oleh segenap warga.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved