Breaking News:

Evaluasi Capaian PRB Faskes, BPJS Kesehatan Lakukan Pendampingan Via Zoom Meeting

Pengelolaan peserta Program Rujuk Balik (PRB) merupakan salah satu kewajiban dan menjadi indikator kepatuhan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama

Ist
Evaluasi PRB Faskes 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pengelolaan peserta Program Rujuk Balik (PRB) merupakan salah satu kewajiban dan menjadi indikator kepatuhan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Untuk melakukan monitoring terhadap pencapaian FKTP tersebut, BPJS Kesehatan melakukan evaluasi dengan seluruh FKTP secara bergantian pada Senin (20/9) sampai dengan Selasa (28/9) secara daring melalui zoom meeting.

Yusrianto selaku Kepala Bidang Penjaminan dan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Batam mengatakan bahwa sampai dengan Jum'at (24/09) pihaknya sudah melakukan evaluasi kepada 79 FKTP baik Puskesmas maupun klinik pratama. Sementara dengan FKTP di wilayah Kabupaten Karimun dijadwalkan pada Selasa mendatang.

"Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk mengevaluasi capaian masing-masing FKTP, mengetahui apa saja yang sudah dilakukan oleh masing-masing FKTP, serta sharing session FKTP yang sudah mencapai target," kata Yusrianto.

Seperti yang diketahui, peran FKTP dalam pengelolaan PRB salah satunya adalah dengan melakukan pemantauan kesehatan kepada peserta PRB. Sehubungan dengan pandemi yang terjadi sehingga banyak peserta PRB yang tidak berkunjung ke FKTP, BPJS Kesehatan menghimbau setiap FKTP agar "jemput bola" melalui media online seperti grup Whatsapp untuk memastikan peserta PRB tetap aktif.

"Kami menghimbau setiap FKTP dapat melakukan kontak kepada peserta PRB khususnya yang pasif yakni dengan melakukan kontak, mengunjungi atau bahkan melakukan konsultasi online. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan angka peserta aktif sehingga berpengaruh pada capaian kepatuhan FKTP," kata Yusrianto.

Dengan adanya forum ini diharapkan kedepannya setiap FKTP dapat mencapai target dengan melakukan banyak hal yang dapat meningkatkan kesehatan peserta PRB serta tidak lupa untuk melakukan input pada aplikasi PCare.

Ester Pangaribuan, personal in charge (PIC) PRB klinik Casa Medica mengatakan bahwa pihaknya terus berusaha melakukan kontak kepada peserta PRB dengan cara menghubungi peserta. Walaupun pada impelementasinya memang ada peserta yang sulit untuk datang berkunjung ke FKTP.

"Capaian klinik memang belum 100%, kami usahakan untuk bulan depan capaian sudah sesuai dengan target,"  kata Ester.(*)

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved