Breaking News:

Mobile Customer Service, BPJS Kesehatan Keliling Kelurahan Se-Batam

Dalam rangka Mobile Customer Service, BPJS Kesehatan Cabang Batam akan mengunjungi seluruh kantor kelurahan di Batam untuk memberikan informasi JKNKIS

Ist
Dalam rangka Mobile Customer Service (MCS), BPJS Kesehatan Cabang Batam akan mengunjungi seluruh kantor kelurahan di Batam untuk memberikan informasi seputar program JKN-KIS 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Dalam rangka Mobile Customer Service (MCS), BPJS Kesehatan Cabang Batam akan mengunjungi seluruh kantor kelurahan di Batam untuk memberikan informasi seputar program JKN-KIS. Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung dari awal September sampai dengan akhir Oktober mendatang.

Nining Indira Khurokina selaku Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Batam mengatakan bahwa sampai dengan saat ini petugas MCS sudah mengunjungi 6 kecamatan yakni Sagulung, Batam Kota, Lubuk Baja, Batu Aji, Bengkong dan Nongsa dengan total 25 kelurahan.

Ia mengatakan informasi yang disampaikan adalah terkait penggunaan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa) dan Mobile JKN sebagai alternatif pelayanan yang saat ini lebih diutamakan.

"Jangan sampai nanti sudah sampai di kantor, masyarakat baru tahu bahwa pelayanan administrasi lebih diutamakan melalui pelayanan non tatap muka. Kalau sudah tahu, masyarakat yang membutuhkan pelayanan tinggal mengakses Pandawa atau Mobile JKN saja," kata Nining.

Selain itu petugas MCS juga menyampaikan terkait validitas data peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang dibayarkan oleh pemerintah.

Saat ini menurutnya masih banyak peserta PBI yang identitasnya tidak lengkap atau tidak valid. Ia mengatakan, jika data peserta tidak valid, maka akan mengalami kendala dalam memperoleh layanan kesehatan di fasilitas kesehatan.

"Contohnya di kelurahan Sadai Kecamatan Bengkong, ada 61 orang yang data NIK nya tidak lengkap atau tidak valid. Untuk itu kami serahkan datanya ke kelurahan untuk kemudian diteruskan ke peserta yang bersangkutan untuk dapat melakukan update data. Jika tidak diperbaharui,khawatirnya nanti akan ditolak jika akan berobat,"  kata Nining.

Nining menambahkan, peserta yang ingin melakukan update data tidak perlu datang ke kantor cabang. Peserta cukup mengakses Pandawa melalui Whatsapp di nomor +62895370680105 dengan memilih menu perubahan data.

Sri Utami Kasi PPKM Kelurahan Bengkong Indah mengatakan bahwa kunjungan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan sangat membantu pihak kelurahan yang seringkali mendapat pertanyaan dari masyarakat sekitar.

"Kami pun harus tahu tentang program ini karena masih banyak sekali warga yang bertanya. Terutama untuk mendaftar sebagai peserta yang iurannya dibayarkan pemerintah," kata Sri.

Ia mengaku, kepada masyarakat yang memang tidak mampu dan belum masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) agar dapat mendaftar menjadi peserta JKN di kelas III saja.

  • "Saya himbau untuk daftar saja dulu di kelas III sampai nanti mendapat bantuan dari pemerintah, karena program JKN ini sangat membantu sekali. Saya sudah merasakan manfaatnya," kata Sri.(*)
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved