Breaking News:

Lomba Semarak Museum di Hatiku Ditutup, Ini Harapan Wali Kota Tanjungpinang

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma berharap ada kontribusi dari generasi milenial untuk promosi museum, lewat ajang Semarak Museum di Hatiku Tahun 2021

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Wali Kota Tanjungpinang Rahma foto bersama saat penutupan kegiatan Semarak Museum di Hatiku Tahun 2021, di Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu (29/9/2021). 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Wali Kota Tanjungpinang, Rahma menutup sekaligus menyerahkan hadiah pemenang lomba kegiatan Semarak Museum di Hatiku Tahun 2021, di Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu (29/9/2021).

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang ini, telah berlangsung sejak 18-23 September 2021. Kegiatan diikuti para peserta dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK, Perguruan Tinggi hingga masyarakat umum.

Diketahui kegiatan yang diperlombakan adalah lomba kepemanduan museum, vlog museum, melukis, dan syair dandan setia.

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma mengatakan, dengan adanya kontribusi dari para generasi milenial dalam ajang lomba ini, diharapkan dapat memberikan sumbangsih dalam mempromosikan secara luas keberadaan Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah (SSBA) di Tanjungpinang.

"Generasi muda yang cinta museum adalah cerminan dari implementasi revolusi mental. Dengan begitu, warisan budaya dan khazanah bangsa dapat terus dilestarikan serta mampu memperkuat jati diri, juga karakter bangsa," ucap Rahma.

Rahma mengatakan, museum yang dimiliki Tanjungpinang ini sebagai wahana pembelajaran masyarakat serta objek wisata yang edukatif.

Karenanya, museum harus bisa memberikan informasi tentang proses sejarah yang dicapai oleh masyarakat Melayu pada umumnya, khususnya masyarakat Tanjungpinang.

Baca juga: Seorang Ibu Rumah Tangga di Tanjungpinang Nekat Jadi Kurir Sabu, Kini Berakhir di Bui

Baca juga: Walikota Rahma Serahkan Bantuan Sarana Pertanian dan Bibit Tanaman di Tanjung Moco

Selain itu, menurutnya museum juga harus dapat berperan dalam menjaga dan menarik benang merah dari memori kolektif antara masa lalu dan masa sekarang untuk kepentingan masyarakat.

"Sehingga museum menjadi tujuan wisata budaya yang berkelanjutan," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Rahma mengajak para generasi milenial dan masyarakat untuk menjadikan Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah ini sebagai tempat rekreasi budaya dan bagian dari memperkuat jati diri bangsa.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved