Breaking News:

UIB Turut Serta Dalam Program Pemerintah MBKM 'Merdeka Belajar Kampus Merdeka'

Universitas Internasional Batam atau UIB meluncurkan program merdeka belajar dengan menggaet 60 mitra terdiri universitas luar dan dalam negeri

Ist
Gedung Universitas Internasional Batam 

TRIBUNBATAM.id - Perkembangan teknologi yang pesat dalam aktifitas hidup sehari-hari saat ini menyebabkan kebutuhan akan kompetensi mahasiswa dalam menghadapi perubahan global semakin meningkat. 

Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka atau yang kerap disebut dengan program MBKM dibentuk dalam rangka mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja saat ini. 

Program ini merupakan salah satu program pendidikan tinggi yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada awal tahun 2020. 

Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka diharapkan dapat menjawab tantangan Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan yang sesuai perkembangan zaman, kemajuan IPTEK, tuntutan dunia usaha dan dunia industri, maupun dinamika masyarakat. 

Sebagai persiapan karier masa depan, program MBKM memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat masing-masing dengan berpartisipasi langsung ke dunia kerja.

Kampus Merdeka memiliki program-program yang dapat diikuti mahasiswa/i seluruh Indonesia. Program-program tersebut seperti Kampus Mengajar, Magang, Membangun Desa (KKN Tematik), Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Proyek Kemanusiaan, Riset atau Penelitian, Studi Independen dan Wirausaha. 

Program-program ini dapat diakui nantinya sebagai pencapaian SKS tertentu sehingga mahasiswa dapat mengonversi program ini untuk nilainya.

Universitas Internasional Batam (UIB) sebagai salah satu perguruan tinggi yang aktif menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi turut ikut andil menjalankan Program MBKM. 

Sejak program ini diluncurkan, UIB telah aktif menjalin kerja sama dengan universitas lain serta instansi-instansi sebagai mitra kerja sama MBKM UIB

Sampai saat ini, mitra MBKM UIB telah mencapai kurang lebih 60 mitra yang terdiri dari universitas luar dan dalam negeri, dunia usaha dan industri, sekolah, organisasi dan start-up. 

Sedangkan program-program yang telah dijalankan oleh UIB meliputi Pertukaran Mahasiswa, Magang, Studi Independen dan Kampus Mengajar.

Beberapa program MBKM yang dilakukan oleh masing-masing program studi di UIB adalah Program Pertukaran Pelajar ke Universitas Atmajaya Yogyakarta oleh Prodi Teknik Sipil; Program Magang ke PT Pratama Widya, Tbk oleh Prodi Teknik Sipil; Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ke berbagai universitas (Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Mulawarman dan Universitas Mahasaraswati Denpasar) oleh Prodi Arsitektur, Ilmu Hukum dan Pendidikan Bahasa Inggris; Studi Independen Bersertifikat ke berbagai perusahaan (PT Orbit Ventura Indonesia, PT Global Intra Talenta, PT Presentologics, PT GITS Indonesia) oleh Prodi Sistem Informasi; Program Bangkit ke Google, Gojek, Tokopedia dan Traveloka oleh Prodi Sistem Informasi; Magang Industri Hote, Usaha Perjalanan Wisata dan Usaha Kuliner oleh Prodi Pariwisata; Program Kewirausahaan ke Sociopreneur Indonesia oleh Prodi Manajemen dan Prodi Akuntansi; Studi Independen ke Institute of Chartered Accountants in England and Wales oleh Prodi Akuntansi; dan Kampus Mengajar oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Pariwisata.

Program-program yang telah dilaksanakan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa-mahasiswa UIB

UIB juga akan mengadakan program-program lainnya yang dapat memberikan pembelajaran merdeka dan pengalaman baru bagi seluruh mahasiswa/i-nya. Diharapkan dengan adanya program MBKM ini, mahasiswa UIB dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat dan mempersiapkan diri untuk terjun serta bersaing di dunia kerja dan industri nantinya (Humas).

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved