Breaking News:

PPKM Selesai Senin 4 Oktober 2021? SIMAK Info Lengkap Syarat Naik Pesawat Garuda, Lion Air, Citilink

Hari Senin, 4 Oktober 2021 merupakan batas akhir perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Covid yang ditetapkan pemerintah

TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi
PPKM Selesai Senin 4 Oktober 2021? SIMAK Info Lengkap Syarat Naik Pesawat Garuda, Lion Air, Citilink. Sejumlah penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim, Selasa (6/7/2021) 

TRIBUNBATAM.id - Hari Senin, 4 Oktober 2021 merupakan batas akhir perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM yang ditetapkan pemerintah.

Seperti diketahui, pemerintah sebelumnya memperpanjang PPKM dimulai pada 21 September 2021 hingga 4 Oktober 2021.

Hingga Sabtu (2/10/2021) malam belum ada kepastian dari pemerintah apakah memperpanjang PPKM atau tidak.

Namun, jika mengacu peraturan sebelumnya sejumlah persyaratan ditetapkan pemerintah mengatur mobilitas masyarakat, salah satunya beleid perjalanan orang.

Aturan-aturan itu tercantum dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 43 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan PPKM Level 4, Level 3, Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa-Bali.

Lalu Inmendagri Nomor 44 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan PPKM Level 4, Level 3, Level 2, dan Level 1 serta Mengoptimalkan Posko Penangan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Dalam syarat perjalanan misalnya, diatur pelaku perjalanan domestik menggunakan mobil pribadi, sepeda motor dan transportasi umum jarak jauh, seperti pesawat udara, bis, kapal laut, dan kereta api harus menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama.

Selain itu juga harus menunjukkan hasil negatif Covid-19 dengan skema PCR maksimal H-2 untuk pesawat udara dan antigen maksimal H-1 untuk moda transportasi mobil pribadi, sepeda motor, bis, kereta api dan kapal laut.

Baca juga: Pemkab Natuna Harap-Harap Cemas: Semoga PPKM Level 2

Baca juga: SYARAT Terbaru Naik Kapal Pelni Saat PPKM Level 3: Anak Kecil Wajib Tes Antigen atau PCR

Khusus pelaku perjalanan domestik antarkabupaten/kota di Jawa-Bali yang menggunakan moda pesawat udara perlu menunjukkan hasil negatif antigen (H-1) dengan syarat sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua.

Bisa juga menunjukkan hasil negatif PCR (H-2) jika baru memperoleh vaksin dosis pertama.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved