Breaking News:

BPJS Kesehatan Batam Laksanakan Sharing Session dan Seminar Kesehatan dengan Badan Usaha

Pekerja Penerima Upah (PPU) dari badan usaha merupakan salah satu segmen kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat

Ist
BPJS Kesehatan Cabang Batam menyelenggarakan pertemuan sekaligus seminar kesehatan dengan beberapa badan usaha di Jodoh (30/09) kemarin 

BATAM, TRIBUNBATAM.id  - Pekerja Penerima Upah (PPU) dari badan usaha merupakan salah satu segmen kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Dengan total badan usaha berjumlah 4.961 dan total pekerja mencapai 227.192 jiwa (data BPJS Kesehatan per 24 September), segmen ini menjadi segmen mayoritas kepesertaan JKN-KIS di wilayah Kota Batam.

Seperti yang diketahui, setiap badan usaha berkewajiban menyetorkan iuran kepada BPJS Kesehatan. Iuran tersebut merupakan 5% dari gaji atau upah yang diterima perbulan dengan rincian 4% dibayarkan oleh perusahaan dan 1% dibayarkan oleh pekerja.

Setiap perusahaan berkewajiban menyetorkan iuran tersebut sebelum tanggal 10 setiap bulan.

Untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah mendukung program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Batam menyelenggarakan pertemuan sekaligus seminar kesehatan dengan beberapa badan usaha di Jodoh (30/09) kemarin.

Muryawan selaku Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada perusahaan yang sudah mendaftarkan pekerjanya menjadi peserta JKN-KIS dan membayarkan iuran tersebut secara tepat waktu.

Kegiatan ini juga dilakukan untuk meningkatkan hubungan kemitraan antara BPJS Kesehatan dengan perusahaan sebagai salah satu pihak yang mendukung program JKN-KIS.

“Selain sebagai bentuk apresiasi, kami juga berharap pertemuan ini dapat menjadi salah satu wadah untuk menampung solusi atas permasalahan yang terjadi di lapangan, sehingga pelayanan yang kami berikan kepada peserta kami khususnya badan usaha semakin baik nantinya,” kata Muryawan.

Muryawan mengatakan badan usaha yang hadir adalah 10 besar badan usaha dengan jumlah pekerja yang tinggi namun tetap rutin membayar iuran setiap bulannya.

Badan usaha tersebut antara lain PT. Mcdermott Indonesia, PT. SMOE Indonesia, PT. Sat Nusa Persada, PT. TDK Electronics Indonesia, PT. Philips Industries Batam, PT. Epson Batam, PT Flextronics Technology Indonesia, PT. Ghim Li Indonesia, PT. Schneider Electric Manufacturing Batam, dan PT. JMS Batam.

Selain sharing session, BPJS Kesehatan juga menyampaikan informasi terbaru terkait program JKN-KIS yakni perubahan Care Center 1500 400 menjadi 165 dan seminar kesehatan terkait update terkini Covid-19 oleh dr. Fajri Israq selaku Direktur RS. Graha Hermine Batam.(*)

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved