Breaking News:

Gandeng Huawei, XL Axiata Layani Internet Cepat hingga Pelosok Terpencil

PT XL Axiata menyediakan layanan internet cepat hingga pelosok terpencil di berbagai provinsi Indonesia. Kali ini dengan menggandeng Huawei Indonesia.

ISTIMEWA
Petugas XL Axiata saat berada di tower untuk mengupayakan percepatan internet hingga titik area terpencil di Indonesia 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - PT XL Axiata menyediakan layanan internet cepat hingga ke pelosok terpencil di berbagai provinsi Indonesia.

Untuk itu, sejumlah teknologi jaringan telah diujicobakan. 

Salah satu yang terbaru, bekerja sama dengan Huawei Indonesia, XL Axiata telah melakukan uji coba solusi broadband nirkabel bernama “Huawei RuralStar Pro” dengan salah satu fitur utamanya yaitu LTE for backhaul. 

Uji coba telah dilakukan di Kalimantan dan terbukti dapat menjadi solusi untuk memperluas koneksi broadband ke daerah-daerah terpencil, di mana selama ini sering terkendala dengan persoalan terkait akses backhaul yang terbatas. 

Upaya penyediaan layanan internet di area-area terpencil di berbagai penjuru negeri ini merupakan bagian dari implementasi komitmen XL Axiata memasuki usia 25 tahun dalam upaya “Membangun Indonesia Digital”.

“Solusi Huawei RuralStar Pro ini sukses kami uji cobakan di salah satu area terpencil di Kalimantan. Teknologi ini akan menjadi alternatif solusi bagi kami untuk memperluas jaringan 4G ke daerah-daerah terpencil, di mana selama ini kami sering menghadapi persoalan terkait dengan akses backhaul yang terbatas, yang pada akhirnya menjadi salah satu faktor penghambat perluasan jaringan di daerah-daerah terpencil," papar Direktur Teknologi & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa 

Gede menambahkan, setelah proses instalasi RuralStar Pro selesai dilakukan, backhaul LTE dapat terhubung secara otomatis ke situs host.

Baca juga: Museum Batam Raja Ali Haji Gelar Lomba Baca Puisi dan Foto, Cek Tema dan Syaratnya

Baca juga: Aglonema Gadis Menangkan Kontes Tanaman Hias di Mall Botania 2 Batam

Selama uji coba, jarak antara stasiun relay dengan lokasi host sekitar 31 kilometer. Bandwidth transmisi downlink mendukung hingga 106 Mbit per detik, yang memenuhi persyaratan bandwidth L900.

Huawei RuralStar Pro, lanjut Gede, menghadirkan terobosan pada desain radio base station dengan kemampuan mengintegrasikan baseband, perangkat pemancar radio, dan sekaligus LTE for backhaul nirkabel, pada satu modul. 

Dengan konsep LTE for backhaul ini spektrum operator yang biasanya hanya digunakan untuk keperluan akses radio perangkat pengguna atau radio akses dapat digunakan juga untuk menyediakan akses antar radio base station (backhaul).

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved