Breaking News:

KEPRI TERKINI

Gubernur Kepri Ansar Ahmad Sambut Baik Rencana Investasi PLTS di Wilayah Kepri

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyambut baik rencana investasi PT IFMN untuk membangun PLTS di Kepri. Namun Ansar saran agar dilakukan kajian menyeluruh

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyambut baik rencana investasi PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) yang dipaparkan pihak PT Insan Fajar Mandiri Nusantara (PT IFMN) saat bertemu di Gedung Graha Kepri, Batam, Senin (4/10/2021). 

KEPRI, TRIBUNBATAM.id - Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyambut baik rencana investasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya PLTS (PLTS) yang disampaikan PT Insan Fajar Mandiri Nusantara (PT IFMN).

Rencana investasi itu dipaparkan di depan Gubernur dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk beberapa wilayah di Kepri.

Biaya listrik dijamin hemat 20 persen dengan menggunakan PLTS tersebut.

"Saya menyambut baik niat investasi yang disampaikan pihak PT IFMN untuk rencana pembangunan PLTS di wilayah Kepri. Yang penting untuk kemajuan Kepri," ujar Ansar, Senin (4/10/2021) di Gedung Graha Kepri, Batam.

Kendati demikian, Ansar menyarankan agar dilakukan kajian menyeluruh untuk mengetahui secara pasti potensi pengembangan yang tepat di Kepri. Baik dalam bentuk pola pembangunan kerja sama atau lainnya, bekerja sama dengan PLN atau kawasan industri.

"Pemerintah akan memudahkan dalam bentuk regulasi sepanjang hal tersebut untuk kemajuan masyarakat. Nanti akan saya minta Asisten 2 Pak Syamsul Bahrum dari Pemprov untuk menangani hal ini," ucap Ansar.

Komisaris PT IFMN, Parlindungan Purba menyampaikan, niat mereka memilih Kepri untuk pengembangan PLTS karena kondisi geografis Kepri yang terpisah dengan pulau-pulau, serta status Free Trade Zone atau FTZ dengan ratusan kawasan industri.

Baca juga: GUBERNUR Ansar Ahmad Surati Pusat Minta Masuk Kepri Tak Perlu Tes PCR

Baca juga: Gubernur Kepri Kawal Langsung Pemasangan Listrik 3 Daerah di Bintan

Selain itu, untuk merealisasikan rencana Presiden Joko Widodo yang ingin memperbesar penggunaan energi baru terbarukan (EBT).

"Dan lebih murah tentunya dari pembangkit listrik batu bara. Juga lebih bebas polusi karena ramah lingkungan," ujarnya.

(*/Tribunbatam.id/endrakaputra)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Kepri

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved