Breaking News:

BATAM TERKINI

Setelah PLTS, Walikota HM Rudi Dorong Pembangunan Pabrik Baterai di Batam

Walikota Batam Rudi akan mengusahakan pembangunan pabrik baterai di Batam menyusul mulai digunakannya energi listrik berbasis baterai di kota ini.

TRIBUNBATAM.id/ROMA ULY SIANTURI
Walikota Batam Rudi akan mengusahakan pembangunan pabrik baterai di Batam menyusul mulai digunakannya energi listrik berbasis baterai di kota ini. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Penyerahan dua unit Mesin Tempel Listrik Berbasis Baterai (Electric Outboard) dari perusahaan PT Octagon, disambut baik oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Selasa (5/10/2021).

Inovasi teknologi tersebut, menurutnya, dapat menjadi awal mula penerapan sumber energi terbarukan di Kota Batam.

Sebelumnya, Badan Pengusahaan (BP) Batam telah menandatangani kerjasama dengan dua perusahaan terkait pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung.

"Ini suatu temuan yang sangat baik, tidak hanya dari kualitasnya tetapi juga ramah lingkungan. Hari ini sudah mulai. Saya harap ke depannya tidak hanya kendaraan bermotor saja tapi rumah-rumah juga dapat dialiri daya listrik tenaga surya," jelas Rudi.

Oleh karena penggunaan energi listrik berbasis baterai sudah mulai digunakan, maka Rudi menyatakan akan mengusahakan pembangunan pabrik baterai di Kota Batam.

Pasokan listrik ini nantinya akan dikoordinasikan bersama PLN Batam.

Harapannya, Batam ke depannya dapat lebih banyak menerapkan panel surya sebagai sumber daya listrik, baik di rumah-rumah maupun bagi kendaraan bermotor.

Dengan adanya PLTS yang akan dibangun, diharapkan penggunaan energi di Batam sudah lebih ramah lingkungan.

Baca juga: PT Octagon Serahkan 2 Mesin Tempel Listrik Berbasis Baterai di Belakangpadang Batam

Baca juga: Siapkan Kavling Gratis, Walikota Temui Pemilik Kios dan Rumah di Jalan Batu Besar Batam

"Sekarang teknologinya masih baru, harganya masih mahal. Tapi suatu waktu nanti harga akan turun sendiri tanpa disubsidi pemerintah. Kami harapkan kerjasama dari PLN Batam juga," tambah Rudi.

Sementara itu, Direktur Utama PT PLN Batam, Nyoman S. Astawa mengatakan, ujicoba dan penyerahan motor listrik berbasis baterai di Batam ini merupakan pilot project yang disumbang oleh PT Octagon melalui Asian Development Bank (ADB).

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved