Breaking News:

BATAM TERKINI

KABAR GEMBIRA! Jalan Simpang Batu Besar - Simpang Turi Beach Nongsa Bakal Jadi 3 Lajur

Pemko Batam segera memulai pekerjaan pelebaran jalan di Kawasan Nongsa pada akhir 2021 ini. Tepatnya dari Simpang Batu Besar hingga

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
ISTIMEWA
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi bersama Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad turun langsung untuk menemui warga pemilik kios dan rumah di sepanjang jalan Batubesar. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id -  Pemerintah Kota (Pemko) Batam segera memulai pekerjaan pelebaran jalan di Kawasan Nongsa pada akhir 2021 ini.

Tepatnya dari Simpang Batu Besar hingga Simpang Turi Beach. 

Selama ini ada dua jalur. Ke depan masing-masing jalur terdiri dari tiga lajur kendaraan. Sehingga 3 lajur kiri dan 3 lajur kanan.

Hal ini merupakan perubahan besar karena sebelumnya jalan tersebut hanya satu jalur dibagi menjadi dua lajur kendaraan sehingga pergerakan lalu lintas terbatas dan rawan kecelakaan.

Sementara masyarakat yang terdampak pelebaran jalan direlokasi ke Kavling Nilam Suri. Pertemuan antara Pemko Batam dan warga terdampak sudah dimulai sejak tahun 2017 hingga 2019.

Walikota Batam Muhammad Rudi sudah melakukan  pertemuan dengan warga yang terdampak pelebaran jalan di Gelanggang Olahraga (GOR) Perumahan Citra Mas Nongsa pada Selasa (5/10/2021) lalu.

"Lantaran masih pandemi Covid kemarin pertemuan berhenti. Namun hari ini kita mulai lagi agar tahun depan mulai kita bangun, sebelum kita bangun ini harus dikosongkan dulu,” ujar Rudi beberapa waktu lalu.

Baca juga: Polsek Lubuk Baja Datangi Rumah Warga Pelita yang Belum Ikuti Vaksinasi Covid-19

Baca juga: BATAM Temukan 4 Kasus Covid-19 Baru, Kecamatan Bengkong Kembali Zona Kuning

Menurut Rudi, anggaran untuk pelebaran jalan tersebut akan mulai dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang disusun pada November 2021.

“Anggaran mau dimasukkan November, supaya mereka sepakat dulu. Warga semuanya hadir, akan kita geser posisi ke daerah Sambau Kavling Nilam Suri, warga akan kita geser ke sana, mudah-mudahan akhir bulan (Oktober) ini sudah clear,” kata Rudi.

Ia melanjutkan apalagi Bandara Hang Nadim sudah akan dibangun, di ujung Nongsa juga direncanakan akan dibangun Sirkuit bertaraf internasional. Sehingga kebutuhan lalu lintas di Nongsa sudah harus dilakukan.

Tiap Kepala Keluarga (KK) yang terdampak akan mendapatkan kavling seluas 4×5 meter. Dan seluruh proses pemindahan dari tempat tinggal mereka ke daerah relokasi akan ditangani oleh pemerintah kota Batam.

Sebelumnya Wakil Walikota Batam Amsakar Ahmad mengatakan, pemerintah Kota Batam akan memfasilitasi 443 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak pelebaran ruas jalan utama di depan Markas Kepolisian Daerah Kepulauan Riau di Nongsa, Batam. 

Warga akan mengosongkan tempat tinggal mereka pada akhir Oktober 2021 mendatang, dari usulan sebelumnya pada akhir tahun.

Tepat di Simpang Batu Besar hingga depan SPBU sebelah Kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepri (BNNP) kendaraan yang melaju di sana harus mengurangi kecepatannya karena banyaknya warung-warung yang berada persis di pinggir jalan. ( TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi)

*Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved