Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

Taman Bacaan Masyarakat di Anambas Ini Jadi Kampung Literasi se-Indonesia

Disdik Anambas sebelumnya sempat kaget dengan status kampung literasi se-Indonesia Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Desa Tiangau Siantan Selatan.

Penulis: Rahma Tika | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Istimewa
Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Anak Bangsa di bawah naungan PKBM Anambas Cerdas di Desa Tiangau, Kecamatan Siantan Selatan saat menggelar beberapa lomba bagi anak SD-SMP yang berada di sana. 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Taman Baca Masyarakat (TBM) Anak Bangsa Arung Hijau, Desa Tiangau, Kecamatan Siantan Selatan Anambas buat prestasi.

Mereka ditunjuk sebagai salah satu kampung literasi se-Indonesia.

Pihak TBM Anak Bangsa kemudian menggelar lomba video pendek dengan tema tradisi dan budaya masyarakat serta ragam keindahan alam Desa Tiangau.

Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Anak bangsa yang berada di bawah naungan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Anambas cerdas ini berdasarkan surat keputusan direktorat pendidikan tentang penetapan penerima bantuan pemerintah penyelenggaraan kampung literasi.

Kegiatan kampung literasi Tiangau ini mengadakan berbagai macam lomba bagi anak-anak di Kabupaten Kepulauan Anambas, mulai dari lomba video pendek, lomba mewarnai, bahkan membaca puisi.

Baca juga: Kelola Jaringan 4G USO di Sumatera, Layanan 4G XL Axiata Bakal Sampai Anambas dan Natuna

Baca juga: Punya Cara Ampuh Atasi Corona, Desa Tiangau di Anambas Jadi Kampung Tangguh Nusantara

"Beberapa lomba sudah ada yang kita gelar, perlombaan sendiri kita gelar hanya untuk desa kita saja.

Kemudian seperti sosialisasi sudah dilakukan, ada lomba menari untuk anak paud dan TK, ini diperuntukkan bagi anak SD sampai SMP," ujar pengelola TBM Anak Bangsa Arung Hijau, Hedtiandri, Kamis (7/10/2021).

Di samping itu Hedtiandri juga menyebutkan terpilihnya TBM Anak Bangsa sebagai kampung literasi dikarenakan terdaftar didonasi buku, bahkan memiliki koleksi buku mencapai 3 ribu buku.

"Ini menjadi suatu kebanggaan bagi kita, karena TBM Arung Hijau terpilih menjadi kampung literasi dari 30 taman bacaan yang ada di seluruh Indonesia di Kepri hanya di Anambas yang terpilih," tuturnya.

Ia juga mengungkapkan saat diadakan zoom meeting bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Dinas Pendidikan Kepulauan Anambas, dikatakan Hedtiandri bahwa Disdikpora Kabupaten Kepulauan Anambas tidak mengetahui terkait penetapan kampung literasi yang diberikan ke Desa Arung Hijau ini.

Baca juga: Batam Nihil Kasus Baru Corona, Tanjung Pinang Tambah 3 Kasus Baru, Kini PPKM Level 1

Baca juga: Lokasi Vaksinasi Corona di Tanjung Pinang Termasuk Capaian Vaksinasi di Ibu Kota Kepri

"Iya Disdikpora sempat kaget saat mengetahui bahwa TBM Anak Bangsa Arung Hijau ditunjuk saat itu.

Harapan kami dengan kinerja selama ini kami bisa mendapat dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat sekitar," sebutnya.(TribunBatam.id/Rahma Tika)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Anambas

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved