Breaking News:

LINGGA TERKINI

Petani di Lingga Bakal Ubah Limbah Jadi Pupuk, Dongkrak Kualitas Pangan Kepri

Ilmu mengubah limbah menjadi pupuk yang diterima sejumlah petani di Lingga itu setelah mengikuti bimtek oleh BPTP Kepri.

Penulis: Febriyuanda | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Istimewa
Seorang petani di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Lingga Timur, Kepri saat mengikuti bimtek oleh BPTP Kepri, Kamis (7/10/2021). 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Sejumlah petani di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Lingga Timur, Kabupaten Lingga, Kepri menerima ilmu baru.

Mereka siap mengaplikasikan ilmu untuk mengolah limbah menjadi pupuk.

Ilmu yang mereka peroleh ini setelah mengikuti Bimbingan Teknis Hilirisasi Teknologi dan Inovasi Balitbangtan, yang digelar oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (BPTP) Provinsi Kepri.

Bimtek yang membahas Pengolahan Biourine Mendukung Sistem Pertanian Bioindustri Ramah Lingkungan itu digelar Kamis, (7/10/2021) sore.

Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari kunjungan Direktur Perbenihan Ditjen Tanaman Pangan Republik Indonesia, pada Agustus lalu di Kabupaten Lingga.

Salah satu tujuannya, mendongkrak kualitas hasil produk pertanian dan perkebunan di Lingga, termasuk di Kepri.

Kepala BPTP Provinsi Kepri Muhammad Alwi Mustaha menyebutkan bahwa kegiatan ini sekaligus merupakan kunjungan silaturahmi, bertatap muka dengan para pejuang-pejuang pangan di Kabupaten Lingga.

Baca juga: Harga Pupuk Terus Naik, Petani Bintan Minta Alokasi Pupuk Subsidi Ditambah

Baca juga: Kementan Dorong Petani Milenial, Sektor Tahan Krisis dan Pandemi Covid-19

“Kami melihat Lingga kedepan memiliki potensi yang sangat baik, tinggal lagi bagaimana potensi itu didukung dengan teknologi.

Sehingga bisa bermanfaat bagi pembangunan pertanian di kabupaten Lingga,” ujarnya di hadapan para petani di Desa Bukit Langkap.

Lebih lanjut, Kepala BPTP Provinsi Kepri ini menjelaskan bahwa kegiatan ini juga adalah sebagai bentuk dukungan BPTP Kepri kepada Lingga untuk meningkatkan kapasitas petani di Lingga dalam hal teknologi.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved