Breaking News:

Kadispar Kepri Akui Kebijakan Karantina bagi Wisman Bisa Hambat Travel Bubble Batam Bintan

Kadispar Kepri Buralimar menilai, kebijakan karantina bisa hambat penerapan travel bubble yang akan diterapkan di Nongsa Batam dan Lagoi Bintan

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Dewi Haryati
Tribunbatam.id/Istimewa
Kadispar Kepri Akui Kebijakan Karantina bagi Wisman Bisa Hambat Travel Bubble Batam Bintan. Foto Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kebijakan karantina bagi wisatawan mancanegara (wisman) dikeluhkan oleh para pelaku usaha pariwisata.

Hal ini dinilai dapat menghambat penerapan travel bubble di kawasan wisata filtrasi Nongsa, Batam dan Lagoi, Bintan di Kepulauan Riau.

Ketika dihubungi, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Buralimar mengatakan, pihaknya sudah mengajukan permintaan peniadaan karantina tersebut kepada pemerintah pusat.

Ia menilai, kebijakan karantina sedikit banyak menghambat penerapan travel bubble. Dengan adanya kebijakan ini, kemungkinan besar wisman tidak akan mau datang berwisata karena terkendala minimnya waktu.

"Travel bubble itu menjadi kewenangan pemerintah pusat. Kami di daerah sudah mengajukan permohonan terkait peniadaan karantina untuk wisman itu," ungkap Buralimar, Senin (11/10/2021).

Permintaan daerah, wisman yang hendak masuk ke kawasan travel bubble Kepri cukup menjalani pemeriksaan antigen serta melampirkan sertifikat dua kali vaksin saja. Kemudian tanpa perlu karantina, wisman dapat berwisata di sekitar Kawasan Wisata Nongsa tersebut.

Pasalnya, wilayah travel bubble adalah kawasan yang sudah terisolir dan menerapkan protokol kesehatan ketat, sehingga wisatawan dapat langsung berkegiatan tanpa perlu keluar dari batas wilayah gelembung tersebut.

Baca juga: Gubernur Sebut Kepri Siap Jalankan Travel Bubble, Pelaku Industri Wisata : Tamunya Mana?

Baca juga: KAPAN Travel Bubble Dibuka Kembali di Batam? Ini Jawaban Walikota

"Kami juga berharap tidak ada karantina dan cukup dengan mengikuti protokol kesehatan saja. Tapi ini masih dimohonkan ke pusat, kita tunggu lah satu dua hari," tambah Buralimar. 

Respons Pelaku Industri Wisata

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad, telah menyatakan Kepri siap menerima kembali wisatawan mancanegara.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved