Breaking News:

Rp 2 Miliar Uang Nasabah Dicuri Pelaku Kejahatan Skimming, 1 Pelaku Warga Srilangka

Dalam satu tahun terakhir, Pelaku Skimming meraup keuntungan hingga Rp 2 Miliar dengan mencuri darta nasabah. Mereka menggunakan Skimming di Mesin ATM

Editor: Eko Setiawan
TRIBUNBATAM.id/Eko Setiawan
Polresta Barelang Batam mengamankan dua pelaku skimming yang berhasil menguras uang nasabah sebuah Bank di Batam Rp 30 juta. Seorang pelaku WNA. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kejahatan pencurian data nasabah yang dilakukan oleh dua pelaku ZN dan ZP Warga Negara Asing (WNA) asal Srilangka ternyata sudah dilakukan sejak satu tahun terakhir.

Dari hasil kejahatan Skimming tersebut, para tersangka meraup keuntungan Rp 2 Miliar.

Hal tersebut terungkap dari hasil keterangan kedua pelaku kepada penyidik.

Kasat Reskrim Polresta Barelang Kompol Reza Morandy Tarigan mengatakan, uang hasil kejahatan mereka bagi-bagi termasuk kepada pelaku C yang saat ini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

"Rp 2 Miliar keuntungan mereka dari hasil kejahatan yang dilakukan hampir 1 tahun terakhir," lanjutnya.

Diketahui, ketiga pelaku merupakan residivis kasus yang sama. Namun mereka punya jaringan berbeda. Setelah lepas dari penjara, pelaku kemudian membuat tim sendiri dengan lokasi yang terpisah-pisah.

ZN berada di Batam, ZP di Jakarta dan C juga berada ditempat lain dan saat ini masih dalam persembunyiannya.

Dalam aksi kejahatan tersebut Polisi juga menyita Laptop yang digunakan pelaku untuk mentransfer data nasabah yang dikirim oleh ZP ke ZN dari Jakarta.

Pengiriman data nasabah ini dikirim pelaku melalui Aplikasi Telegram. Setelah itu mereka membuat card atau kartu di Batam.

Para pelaku memang lihai dalam menjalankan aksinya. Di Batam, pelaku tidak harus menggunakan Card dari sebuah bang. Kartu apa saja yang mempunyai maghnet di belakang kartu bisa dia gunakan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved