Breaking News:

Tanjungpinang Kembali Terima Penghargaan Kota Layak Anak Tingkat Madya

Pemko Tanjungpinang menerima penghargaan Kota Layak Anak tingkat Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Tanjungpinang, Rustam saat menerima penghargaan Kota Layak Anak Tingkat Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Selasa (12/10/2021) 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kota Tanjungpinang kembali menerima penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Tingkat Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Selasa (12/10/2021).

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma menyampaikan, bahwa penghargaan KLA diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

"Alhamdulillah Kota Tanjungpinang kembali menerima penghargaan KLA. Penghargaan ini sebagai bukti komitmen pemerintah daerah dalam memenuhi hak anak dan perlindungan terhadap anak," ucapnya.

Rahma menambahkan, penghargaan ini sekaligus melengkapi 2 penghargaan yang telah diperoleh sebelumnya, yaitu Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Utama dan Forum Anak Kota Terbaik se-Indonesia.

Selain itu, Tanjungpinang juga ditunjuk sebagai salah satu dari 71 kabupaten/kota percontohan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRDA).

"Hanya 2 kota dalam 71 kabupaten/kota yang menjadi percontohan, yaitu Kota Tanjungpinang dan Kota Semarang," ungkap Rahma.

Ditambahkannya, untuk kriteria Kota Layak Anak, diukur dari pengembangan kapasitas kelembagaan dan pemenuhan 5 klaster pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

Baca juga: BATAM Raih Penghargaan Kota Layak Anak

Baca juga: TANJUNGPINANG Bertekad Raih Peringkat Nindya Kota Layak Anak 2021

"Kelima klaster dimaksud adalah hak sipil dan kebebasan, pengasuhan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, seni dan budaya serta perlindungan khusus anak”, jelasnya.

Untuk percontohan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak, dipilih Kelurahan Melayu Kota Piring dan Kelurahan Bukit Cermin.

(*/Tribunbatam.id/endrakaputra)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Tanjungpinang

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved