Breaking News:

Warga Batam Ini Manfaatkan Pekarangan Rumah Jadi Ladang Cuan dari Tanaman Hidroponik

Riski, warga Batam ini memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk bertanam secara hidroponik. Tanaman yang dihasilkan itu dijual online. Ia pun dapat uang

tribunbatam.id/Rebekha Ashari Diana Putri
Riski sedang memanen sayuran yang ditanam dengan sistem hidroponik di pekarangan rumahnya di Duta Mas, Batam. Riski berhasil memanfaatkan perkarangan rumahnya menjadi ladang tanaman berbagai sayur mayur yang ditanam dengan sistem hidroponik. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Masih banyak yang menilai, bertani identik dengan kesan tradisional dan jauh dari kehidupan modern.

Namun jangan salah. Saat ini telah banyak metode serta teknologi bertani yang menggunakan teknologi canggih atau bercocok tanam dengan cara baru untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

Salah satunya ialah hidroponik. Bercocok tanam dengan menggunakan teknologi hidroponik sangat cocok untuk dilakukan di lahan yang sempit seperti pekarangan rumah.

Di perkarangan rumah milik Riski yang berada di kawasan Duta Mas, Kota Batam, salah satunya. Di lahan yang terbatas, Riski justru memanfaatkannya untuk menanam pakcoy dan kangkung dengan metode hidroponik.

Sistem teknologi hidroponik adalah budidaya tanaman dengan memanfaatkan air sebagai media tumbuhnya dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Meski membutuhkan air sebagai medianya, menurut Riski, penggunaan teknologi hidroponik ini justru tidak membuat biaya air dan listriknya membengkak. Lantaran air tersebut tidak diserap tanah dan justru disirkulasikan ke dalam suatu wadah seperti pipa.

“Sebenarnya dengan metode ini, semua orang bisa menanam sayuran dengan gampang dan cepat. Apalagi tidak perlu lahan yang luas hanya dengan pipa yang diairi bisa menanam berbagai jenis sayur-sayuran,” ungkap Riski baru-baru ini.

Baca juga: Kisah Pemilik Outlet Mie Meletup Lenzo Purba, Dulu Pernah Jadi Tukang Cuci Piring

Baca juga: Kisah Yosh Jadi Videografer Andal di Batam, Pernah Hanya Diupah Nasi Bungkus

Menurutnya, sistem hidroponik akan menghasilkan kuantitas dan kualitas produksi sayuran yang lebih tinggi dan berkualitas dibandingkan dengan bercocok tanam biasa.

“Karena panennya lebih cepat, dan lebih bersih dibandingkan dengan bercocok tanam biasa," tambahnya.

Melalui sistem hidroponik, maka tanaman relatif lebih cepat tumbuh kembang, karena dari hidropinik itu sendiri terdapat nutrisi dalam larutan. Sehingga tanaman akan sangat dimanjakan hingga memiliki daun yang lebih lebar, dan batang yang kokoh.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved