Breaking News:

PINJAMAN ONLINE

Mahfud MD Serukan Nasabah Pinjol Ilegal Tak Usah Bayar Cicilan, Jangan Takut Lapor Polisi

Menkopolhukam Mahfud MD mengungkap dibalik imbauannya ke nasabah pinjol ilegal. Pemerintah pun akan mengenakan pasal berlapis kepada pelakunya.

Tribunnews
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD akhirnya angkat bicara terkait pinjaman online (pinjol). 

JAKARTA, TRIBUNBATAM.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mohammad Mahfud MD angkat bicara terkait pinjaman online (pinjol) yang meresahkan warga.

Dalam konferensi pers secara virtual, Mahfud MD mengimbau kepada mereka yang telah menggunakan layanan pinjaman online ilegal untuk tidak membayar meski terdapat penagihan.

Seruan yang disampaikan Mafhud MD ini bukan tanpa alasan.

Pinjol ilegal yang tidak memiliki izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjadi salah satu dasarnya.

Ia bahkan meminta warga yang mendapat intimidasi saat penagihan untuk tidak ragu membuat laporan ke kantor polisi terdekat.

Baca juga: Pelaku Pinjol Akan Dijerat Secara Pidana dan Perdata, Begini Penjelasan Mahfud MD

Baca juga: Teror Pinjol Ilegal Bikin Resah, Begini Cara Deteksi Pinjaman Online Abal-abal

Dikutip Kompas.com, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Satgas Waspada Investasi OJK, Bank Indonesia, serta Kepolisian telah memblokir sebanyak 3.516 situs maupun aplikasi pinjol ilegal, sejak tahun 2018 hingga kini.

Sedangkan perusahaan pinjol legal yang terdaftar di OJK baru mencapai 106 perusahaan.

Langkah tegas polisi dalam memberantas praktik pinjol ilegal sebelumnya disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Tindak tegas tersebut, kata Sigit, juga merupakan instruksi langsung dari Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), yang memberikan perhatian khusus terhadap kejahatan Pinjol.

Pasalnya, hal itu telah merugikan masyarakat, khususnya di tengah Pandemi Covid-19.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved