Breaking News:

BP Batam Percepat Layanan Perizinan, Inovasi Jelang Hari Bakti ke-50 Tahun

BP Batam tak lama lagi akan merayakan Hari Bakti ke-50 tahun. Bersamaan dengan itu, BP Batam berupaya terus menyederhanakan layanan perizinan

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Dewi Haryati
Istimewa/Humas BP Batam
BP Batam Percepat Layanan Perizinan, Inovasi Jelang Hari Bakti ke-50 Tahun. Foto Ilustrasi pelayanan perizinan di loket PTSP BP Batam 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Badan Pengusahaan (BP) Batam sebentar lagi akan merayakan Hari Bakti ke-50 tahun pada 26 Oktober 2021 mendatang.

Menyongsong momentum itu, BP Batam telah mempersiapkan beberapa kebijakan strategis. Salah satunya adalah perbaikan signifikan dalam pelayanan perizinan.

Deputi III BP Batam, Sudirman Saad mengakui, selama ini kerumitan perizinan menjadi persoalan yang belum tuntas secara menyeluruh.

Untuk itu, BP Batam pun telah menyederhanakan dan mempercepat layanan perizinan di Batam melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) secara online.

Permohonan perizinan ini nantinya akan ditampung oleh PTSP, kemudian diteruskan kepada masing-masing direktur tergantung jenis perizinannya.

Dengan begitu, urusan perizinan tidak lagi diurus oleh jajaran Deputi maupun Pimpinan BP Batam.

"Perizinan itu betul-betul hanya sampai level direktur saja, anggota dan deputi tidak ikut campur sampai perizinan," ujar Sudirman, pada Kamis (21/10/2021).

Baca juga: INI 2 Opsi BP Batam Terkait Permintaan Relaksasi Pembayaran UWTO dari Pengusaha

Baca juga: 40 Sertifikat Lahan di Sambau Nongsa Dibatalkan PTUN Tanjungpinang, Ini Kata BP Batam

Pengurusan izin juga menerapkan standar Service Level Agreement (SLA), artinya, setiap perizinan telah ditentukan lama waktu keluarnya hasil, dan BP Batam akan mematuhi standar tersebut.

Umumnya, perizinan yang masuk ke PTSP akan diproses dengan cepat dan sudah dapat dikeluarkan hasilnya dalam 15 hari sejak pengajuan.

"Semisal izin pertanahan, dalam beberapa hari bisa langsung terbit fakturnya. Lamanya waktu pengurusan berbeda-beda tergantung jenis perizinan, ada yang satu hari kerja, ada juga yang dalam hitungan jam," ujar Sudirman.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved