Breaking News:

KOLABORASI Timbal-balik SKK Migas-KKKS-Pemda Untuk Kesejahteraan Masyarakat Kepri

Satu sumber daya migas potensial adalah Blok Migas Northwest Natuna (NWN) atau nama lapangan Ande-ande Lumut di lepas pantai Barat Daya Natuna.

Penulis: ronnye lodo laleng | Editor: Thom Limahekin
TribunBatam.id/Istimewa
SKK MIGAS - Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Rikky Rahmat Firdaus menyerahkan bantuan sembako. SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang beroperasi di Kepulauan Anambas yakni Medco E&P Natuna Ltd, Premier Oil Natuna Sea, BV dan Star Energy (Kakap) Ltd menyalurkan bantuan sembako di Desa Keramut dan Desa Impol, Kecamatan Jemaja Utara, Rabu (30/6/2021). 

Editor: Thomm Limahekin

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memiliki banyak potensi sumber daya alam yang belum digarap secara maksimal.

Selain jasa labuh jangkar, minyak dan gas (Migas) bumi misalnya, juga merupakan potensi yang bisa dikelola demi meningkatkan pendapatan asli daerah yang berhujung pada kesejahteraan masyarakat.

Satu sumber daya migas potensial adalah Blok Migas Northwest Natuna (NWN) atau nama lapangan Ande-ande Lumut di lepas pantai Barat Daya Natuna.

Mantan Direktur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kepri periode 2013-2017, Rudianto Ruben mengatakan, Blok Migas NWN memiliki potensi yang luar biasa besar.

"Potensi pendapatan yang dihasilkan dari blok migas ini bisa mencapai ratusan miliar bahkan triliunan rupiah," terang Ruben, Rabu (20/10/2021).

Menurut Ruben, blok migas tersebut mulai digarap sejak 2013 silam. Perusahaan yang menggarap potensi gas ini adalah Santos, Ltd dari Australia.

Perusahaan itu sukses mengakuisisi 50 persen kepemilikan North West Natuna dari Awe Limited lalu menjadi operator blok tersebut.

Pada tahun yang sama, Santos, Ltd memperoleh persetujuan rencana pengembangan (plan of development/PoD) untuk Lapangan Ande-Ande Lumut.

WEBINAR-Webinar Media Hulu Migas dan Lomba Karya Jurnalistik Kepri 2021 itu digelar atas kerja sama SKK Migas Perwakilan Sumbagut dan KKKS Kepri.
WEBINAR-Webinar Media Hulu Migas dan Lomba Karya Jurnalistik Kepri 2021 itu digelar atas kerja sama SKK Migas Perwakilan Sumbagut dan KKKS Kepri. (SKK Migas Sumbagut)

Lapangan Ande-ande Lumut diperkirakan mengandung cadangan terbukti dan terduga (proved and probable) sekitar 100 juta barel minyak. Lapangan ini ditemukan pada 2000 lalu dilakukan pengeboran sumur pada 2006.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved