Breaking News:

BATAM TERKINI

BP Batam Tandatangani Kerjasama dengan ANRI, Bahas Pengelolaan Arsip Daera

BP Batam melakukan penandatanganan MoU dengan ANRI dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Selasa (26/10/2021).

ISTIMEWA
Konferensi pers terkait penandatanganan MoU antara BP Batam dengan ANRI dan LKPP tentang pengelolaan arsip, Selasa (26/10/2021). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Bertepatan dengan Hari Bakti ke-50 tahun, Badan Pengusahaan (BP) Batam melakukan penandatanganan MoU dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI, Selasa (26/10/2021).

Kerjasama BP Batam dengan ANRI dan LKPP ini bertujuan menyempurnakan pengelolaan arsip daerah dalam suatu sistem yang terintegrasi dan terpusat.

Harapannya, pengelolaan arsip di BP Batam dapat lebih tertib dan dapat tersimpan rapi hingga puluhan tahun mendatang.

"Kami kerjasama dalam pengelolaan arsip ini bersama ANRI dan LKPP. Ke depannya kami ingin menertibkan arsip-arsip yang ada di BP Batam ini hingga dapat terjaga rapi sampai puluhan tahun," ujar Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, ketika diwawancarai usai penandatanganan MoU, Selasa (26/10/2021).

Menurut Kepala ANRI, Imam Gunarto, sistem pengelolaan arsip di BP Batam selama ini sudah sangat memuaskan.

Pada tahun 2019, ANRI melakukan pengawasan dan penilaian terhadap sistem yang dikelola BP Batam tersebut, dan memperoleh nilai AA.

"Mudah-mudahan setelah MoU, nilainya bisa menjadi Triple A," ujar Imam.

Kali ini, ANRI memperkenalkan sistem pengelolaan arsip yang sedang dikembangkan, dan bernama Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).

Sistem ini sudah diluncurkan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan (Menkopolhukam) RI pada tahun 2020 lalu.

Di tahun 2021, pihaknya sudah menyosialisasikan sistem ini kepada lebih dari 359 lembaga.

Baca juga: Peringati Hari Bakti ke-50, Ini Daftar Pencapaian BP Batam Terkait Pembangunan Batam

Baca juga: INI Tarif Tes PCR di RSBP Batam, Selasa 26 Oktober 2021, Afdhalun Ungkap Soal Tarif Baru

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved