Breaking News:

Pelaku Pariwisata di Lagoi dan Nongsa Batam Siap Terima Wisatawan Mancanegara

Jelang travel bubble dibuka, sejumlah pelaku pariwisata di Lagoi dan Nongsa menyatakan kesiapannya sambut wisman. Persiapan sudah dilakukan jauh hari

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Hening Sekar Utami
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad gelar pertemuan dengan pelaku pariwisata, dan stakeholder yang ada di Kepri, Selasa (26/10/2021) bertempat di Gedung Graha Kepri di Batam. Pertemuan membahas soal travel bubble 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pelaku pariwisata sudah mempersiapkan tempat wisatanya untuk menyongsong pembukaan travel bubble di wilayah Kepulauan Riau (Kepri) sejak jauh hari.

Tempat wisata Bintan Resort di Bintan misalnya, sudah membatasi pintu keluar masuk lokasi melalui dua entry point saja. Travel bubble di kawasan wisata ini sangat memungkinkan karena memiliki lokasi yang cukup terisolir.

Perwakilan dari Bintan Resort Cakrawala, Ray juga mengungkapkan, pihaknya sudah mempersiapkan protokol kesehatan sampai pada pemberian vaksinasi terhadap karyawan dan keluarganya.

Hal ini guna mencegah temuan positif Covid-19 di lingkungan pekerja di Bintan Resort.

"Kami akan monitor terus. Kebetulan di Bintan Resort sudah ada dua mesin PCR, dan dua mesin ekstraksi dengan kapasitas 500 sampel per hari," ujar Ray.

Untuk melacak pergerakan dan interaksi turis di kawasan wisata, pihaknya juga sudah menyediakan alat Blue Pass. Ketika sampai di lokasi wisata, pengunjung akan diberikan Blue Pass yang dapat mendukung keperluan tracing.

Semakin mengurangi potensi kerumunan, Bintan Resort akan membatasi kapasitas pengunjung resor dan hotel menjadi hanya 50 persen saja. Segala pergerakan orang di kawasan wisata tersebut juga didukung dengan aplikasi PeduliLindungi dan QR Code.

Baca juga: Bandara Hang Nadim Batam Siapkan Alat Tes Cepat Jelang Travel Bubble, Hasil Ketahuan 1 Jam

Baca juga: Nasib Travel Bubble Kepri, Kadispar: Kalau Batam Belum Siap, Lagoi Bisa Lebih Dulu

"Di sini kalau terjadi satu temuan kasus positif, maka kami akan tutup seluruhnya dan melakukan deep cleaning agar benar-benar bersih dan bebas dari penyebaran virus.

Ini dilakukan untuk membangun trust kepada para wisman," jelas Ray.

Sementara itu, General Manager (GM) Batam View Beach Resort, Nongsa, Andy Fong, juga menyatakan kesiapan serupa bagi kawasan wisatanya untuk menerima wisman.

Pada tanggal 21 September 2021 lalu, pihaknya bahkan sudah menandatangani MoU bersama para tokoh masyarakat Sambau, untuk mendukung suksesnya travel bubble ini.

"Kalau untuk Nongsa pastinya kami sudah siap. Sekarang kebijakan harga PCR turun, itu masih mending orang bisa bayar. Tapi kalau tidak ada kebijakan karantina, pasti bakal makin banyak turis," tambah Andy.

Gubernur Serap Aspirasi Pelaku Pariwisata

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) mengadakan pertemuan dengan para pelaku pariwisata se-Kepri, di Gedung Graha Kepri, Batam Center, Kota Batam, Selasa (26/10/2021).

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved