Breaking News:

APBD Kepri 2022 Turun, Wahyu Wahyudin Pesimis Visi Misi Gubernur dan Wagub Tercapai

Anggota DPRD Kepri Wahyu Wahyudin pesimis visi misi Gubernur dan Wagub Kepri yang dituangkan dalam RPJM akan tercapai jika APBD 2022 turun drastis

Penulis: ronnye lodo laleng | Editor: Dewi Haryati
TRIBUNBATAM.id/Ronnye Lodo Laleng
APBD Kepri 2022 Turun, Wahyu Wahyudin Pesimis Visi Misi Gubernur dan Wagub Tercapai. Foto Anggota Komisi IV DPRD Kepulauan Riau (Kepri) Wahyu Wahyudin SE. 

KEPRI, TRIBUNBATAM.id - Anggota DPRD Kepulauan Riau (Kepri) Wahyu Wahyudin menyayangkan APBD Kepri 2022 turun drastis dari tahun-tahun sebelumnya.

Menurutnya, APBD Kepri sebesar Rp 3,7 triliun ini masih tergolong kecil untuk sebuah provinsi yang mengelola 7 kabupaten atau kota.

APBD Batam saja mencapai Rp 3,4 triliun.

Ia menilai, APBD Kepri minimal Rp 4,1 triliun dan terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Prihatin dan malulah Kepri yang mengelola 7 kabupaten/kota Rp 3,7 triliun. Batam saja yang mengelola satu kota Rp 3,4 triliun,” ujar Wahyu, Kamis (28/10/2021).

Jika melihat nominal APBD ini, Anggota Komisi IV DPRD Kepri itu pesimistis dengan realisasi visi-misi Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kepri tahun 2021-2026.

Menurutnya, realisasi visi-misi Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina itu akan terancam tidak terealisasi akibat kekurangan anggaran.

Baca juga: Bupati Anambas Temui Kades Soroti APBDes: Jangan Pernah Langgar Aturan

Baca juga: Dua Fraksi DPRD Karimun Tolak Pengesahan APBD Perubahan 2021, Ini Alasannya

“Idealnya APBD Kepri sesuai RPJMD itu Rp 4,1 triliun, sehingga misi dan visi pak Gubernur bisa tercapai,” ujarnya.

Ia juga menyoroti kinerja Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) yang belum optimal menarik retribusi dan pajak.

Seperti pajak kendaraan bermotor misalnya. Ia mengungkapkan bahwa BP2RD hanya mampu mengutip 60 persen pajak kendaraan bermotor dari target.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved