Breaking News:

KEPRI TERKINI

Gubernur Kepri Bicara Sumpah Pemuda, Serukan Milenial Jadi Agen Perubahan

Saat Sumpah Pemuda, Gubernur Kepri Ansar Ahmad meminta pemuda untuk menjadi agen perubahan.

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Istimewa
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad dalam pidatonya saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 tingkat Provinsi di Aula Wan Seri Beni, Tanjungpinang, Kamis (28/10/2021). 

KEPRI, TRIBUNBATAM.id - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad mengharapkan pemuda untuk menjadi agen perubahan dalam menyokong pembangunan Kepri di masa depan.

Pemuda harus mempersiapkan diri sebagai generasi penerus yang akan berandil besar dalam arah kemajuan Kepri untuk menjadi daerah yang unggul dan berdaya saing sembari tetap berpegang pada nilai luhur budaya Melayu.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Ansar Ahmad dalam pidatonya saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 tingkat Provinsi di Aula Wan Seri Beni, Tanjungpinang, Kamis (28/10/2021).

"Pemuda sebagai agen perubahan adalah sebuah fakta sejarah yang tidak bisa dihindari, pemuda selalu menjadi penentu momen penting perjalanan bangsa dan daerah dari sebelum masa kemerdekaan sampai dengan saat ini," kata Gubernur.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 tahun 2021 kali ini mengangkat tema "Bersatu, Bangkit dan Tumbuh".

Baca juga: Maulid Nabi Muhammad SAW di Karimun, Gubernur Kepri Minta Pererat Ukhuwah Islamiyah

Baca juga: Kompor Induksi PLN Buat Gubernur Kepri Kagum, Bakal Programkan untuk UMKM

Tema ini diangkat guna menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

Bahwa hanya dengan persatuan dapat diwujudkan cita-cita bangsa.

Tema ini pula yang menjadikan semangat baru kareja di tangan pemuda lah harapan Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi dan melangkah lebih jauh untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Jika pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, dan mandiri.

"Untuk itu momentum Hari Sumpah Pemuda yang kita peringati hari ini, harus mampu menjadi perekat Persatuan kita sebagai Bangsa untuk bersama-sama Bangkit melawan pandemi covid-19.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved