Breaking News:

TANJUNGPINANG TERKINI

Penanganan Banjir di Ibu Kota Kepri, Pemko Tanjungpinang Bangun Kolam Retensi

Wali Kota Tanjungpinang Rahma berharap keberadaan kolam retensi ini dapat meminimalisir terjadinya banjir di area sekitar kolam

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Endra Kaputra
Wali Kota Tanjungpinang, Rahma meninjau proyek pembangunan kolam retensi yang berada di jalan arah ke Tanjunguban, Senin (1/11/2021) 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Wali Kota Tanjungpinang, Rahma meninjau proyek pembangunan kolam retensi yang berada di jalan arah ke Tanjunguban Bintan.

Keberadaan kolam retensi ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya banjir di area sekitar kolam retensi.

Rahma mengatakan, kolam buatan ini nantinya akan menampung air hujan secara langsung dan menampung aliran air dari sistem drainase untuk kemudian diresapkan ke dalam tanah.

"Semoga dengan adanya kolam retensi ini dapat meminimalisir terjadinya banjir, khususnya untuk daerah yang mungkin terdekat dari kolam ini. Semoga saja proses pengerjaannya lancar dan tanpa halangan apapun," ungkapnya, Senin (1/11/2021).

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, Zulhidayat yang ikut serta meninjau mengatakan, pembangunan kolam rerensi ini merupakan upaya dari Pemko Tanjungpinang untuk mereduksi genangan (banjir).

"Lahan seluas 4.800 m2 telah dihibahkan oleh pemilik kepada Pemko Tanjungpinang untuk dijadikan kolam retensi, " ujarnya.

Zulhidayat menambahkan, dengan adanya kolam retensi ini aliran air akan tertampung. Diharapkan setelah ditampung dapat dialirkan ke arah Sungai Carang.

Baca juga: Hujan Sesaat di Tanjungpinang, Perumahan Taman Harapan Indah Terendam Banjir

Baca juga: Sejumlah Wilayah di Kepri Berpotensi Hujan Hari Ini, Senin 1 November 2021

Upaya Pemko Atasi Banjir

Sebelumnya, pada awal Februari lalu, telah dimulai pengerjaan polder pengendalian banjir yang berada di Jalan Pemuda, Tanjungpinang.

Pengerjaan polder ini kegiatan Pemko Tanjungpinang bersama Balai Wilayah Sungai Sumatra IV.

Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV, Tuti Sutiarsi bersama tim menyampaikan, pembangunan polder ini merupakan cara penanganan banjir rob dengan kelengkapan sarana fisik dan pengelolaan tata air.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved