Breaking News:

CORONA KEPRI

Syarat Naik Pesawat Boleh Pakai Antigen Mulai Berlaku di Bandara RHF Tanjungpinang

Executive General Manager PT Angkasa Pura II Tanjungpinang, Ngatimin bilang, aturan terbang boleh pakai hasil antigen telah diterapkan mulai Rabu ini

tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Syarat Naik Pesawat Boleh Pakai Antigen Mulai Berlaku di Bandara RHF Tanjungpinang. Potret tampak depan Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang di akhir pekan, Sabtu (24/7/2021) 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Aturan perjalanan udara terbaru di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang berlaku hari ini, Rabu (3/11/2021).

Calon penumpang yang hendak berangkat ke luar Tanjungpinang via pesawat sudah diperbolehkan menggunakan hasil tes negatif antigen.

Hal itu sebagaimana Surat Edaran (SE) No 96 Tahun 2021 Kementerian Perhubungan RI tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II Tanjungpinang, Ngatimin menerangkan, pemberlakuan aturan tersebut secara resmi telah diterapkan pada hari ini.

"Saat ini ketentuannya sudah resmi melalui SE Kementerian Perhubungan dan kita mulai berlakukan pada hari ini," ujar Ngatimin.

Dijelaskannya lagi, berdasarkan aturan tersebut penggunaan hasil negatif antigen bisa digunakan calon penumpang yang telah melengkapi dosis vaksin 1 dan 2.

Sedangkan untuk para calon penumpang yang baru melakukan satu kali vaksin masih harus menunjukkan hasil negatif Tes PCR yang berlaku 3x24 jam.

Baca juga: Berlaku Hari Ini (3/11), Tes Antigen Jadi Syarat Terbaru Naik Pesawat Terbang Selama PPKM

Baca juga: PPKM 2-15 November 2021, Syarat Terbaru Naik Pesawat Cukup Tes Antigen dan Kartu Vaksin

"Para penumpang bisa menggunakan hasil tes antigen jika sudah vaksin lengkap, namun bagi yang baru pertama kali divaksin tetap menggunakan PCR," jelasnya.

Aturan perjalanan terbaru dengan pesawat terbang ini berlaku untuk penerbangan domestik antar bandara di wilayah Jawa-Bali dan antar bandara di luar wilayah Jawa-Bali. Serta berlaku untuk penerbangan dari luar wilayah Jawa-Bali ke bandara di Jawa-Bali, maupun sebaliknya.

Artinya pemerintah tidak lagi melakukan pembatasan terhadap daerah dengan level tertentu. Sehingga dapat dikatakan pemberlakuan hasil tes antigen berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

"Dalam aturan tersebut tidak disebutkan mengenai daerah zonasi level PPKM lagi," sebutnya lagi.

Sejauh ini dirinya masih melihat perkembangan jumlah kedatangan penumpang di bandara RHF Tanjungpinang, yang biasanya akan cenderung meningkat dengan dipermudahnya aturan perjalanan udara. 

(Tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Corona Kepri

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved