Breaking News:

BINTAN TERKINI

JAGA Ketahanan Pangan, Petani Kampung Sungai Jeram Bintan Tanam Jagung Hibrida

Ketua Kelompok Tani Milenial Kreatif, Rusdi mengatakan, pihaknya saat ini mendorong para petani untuk menanam jagung hibrida.

ISTIMEWA
Suasana saat Ketua Kelompok Tani Milenial Kreatif, Rusdi melihat jagungnya yang berusia 50 hari sejak tanam di Kampung Sungai Jeram, Desa Lancang Kuning, Kecamatan Bintan Utara. 

BINTAN, TRIBUNBINTAN.com - Untuk menjaga ketahanan pangan selama masa pandemi Covid-19, kelompok Tani Milenial Kreatif yang berada di Kampung Sungai Jeram, Desa Lancang Kuning, Bintan mendorong petaninya menanam jagung hibrida, Minggu (7/11/2021).

Ketua Kelompok Tani Milenial Kreatif, Rusdi mengatakan, pihaknya saat ini mendorong para petani untuk menanam jagung hibrida.

Pasalnya, sejumlah petani yang berada di Kampung Sungai Jeram, Desa Lancang Kuning, Bintan yang menanam bibit jagung hibrida berhasil.

"Jadi awalnya ada seorang  petani milenial kreatif mencoba menanam jagung hibrida. Bibit jagung hibrida yang ditanam petani kita berhasil. Maka dari itu kita mendorong untuk menanam bibit  jagung hibrida," tuturnya.

Dirinya juga mendorong petani lain dalam kelompok tani milenial kreatif untuk menanam jagung. 

Di mana saat ini ada tiga petani dari kelompok tani milenial kreatif yang menaman jagung dengan luasan beragam. 

"Salah satunya dari tiga petani yaitu  saya yang saat ini telah menanam 2,5 kilo bibit jagung di atas lahan seluas lebih kurang 2 ribu per meter dengan jarak tanam sekira 40 sentimeter," terangnya. 

Rusdi juga menyebutkan, bahwa dirinya memprediksi 100 hari atau tiga bulan dari tanam, jagung hibrida yang ditanamnya akan masuk masa panen.

Baca juga: 30 Anak Kampung Bugis Tanjungpinang Ikuti Program Rumah Pintar GenBi Kepri

Baca juga: SISWA SD di Lingga Adu Gasing di Museum Linggam Cahaya

"Mungkin hasilnya sekira 1 sampai 2 ton," ungkapnya.

Di tempat terpisah petani lainya dari kelompok tani milenial kreatif, Suroso juga menanam jagung hibrida yang usianya sudah 2 minggu. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved