Breaking News:

Potensi Maritim dan Kemudahan Investasi, Ini Dua Jurus Gubernur Bangkitkan Kepri

Kemaritiman akan menjadi fokus utama Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad dalam pembangunan di tengah pandemi Covid-19.

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Tri Indaryani
ISTIMEWA
Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad wawancara eksklusif dengan stasiun televisi di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Senin (8/11/2021). 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Kemaritiman akan menjadi fokus utama Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad dalam pembangunan di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu diungkapkan Gubernur dalam wawancara eksklusif dengan stasiun televisi di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Senin (8/11/2021). 

Kepri yang didominasi oleh lautan sampai mencakup 96 persen total wilayahnya, menyimpan potensi yang luar biasa dalam kemaritiman.

Potensi tersebut ditambah dengan posisi Kepri yang sangat strategis, sebab terletak di perbatasan dengan negara-negara tetangga Indonesia. 

"Berbagai kebijakan strategis tengah kita gesa, pungutan labuh jangkar saat ini masih terus kita perjuangkan. Lalu tentang pembangunan cold storage di pesisir dan juga pelabuhan samudera sebagai pelabuhan sentra perikanan," ucap Gubernur Kepri

Kepri saat ini memiliki tiga Kawasan Ekonomi Khusus yang berada di Bintan dan Batam.

KEK tersebut yaitu KEK Galang Batang, KEK Nongsa Digital Park, dan KEK Batam Aero Technic.

Ketiga KEK tersebut akan dimaksimalkan Gubernur untuk menjadi katalisator pembangunan Kepri. 

Selan itu, untuk memancing ketertarikan investor dari luar negeri, Gubernur memaparkan bila KADIN telah bersepakat untuk memberikan skema investasi murah dengan cara memberikan hak guna lahan gratis selama lima tahun bagi investor. 

"Dalam menggaet investor, kita harus menciptakan situasi gula dan semut. Supaya semut-semut besar mau datang ke Kepri, kita harus memberikan mereka gula yang manis. Caranya dengan memberikan insentif-insentif yang memudahkan para investor," ujarnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved