Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

TAK Perlu ke Kebun Raya Bogor, di Anambas Juga Bisa Lihat Bunga Langka Raflesia Padma

Bagi yang ingin menyaksikan bunga langka Raflesia Padma tak perlu jauh-jauh ke Kebun Raya Bogor tapi bunga itu bisa dilihat di Anambas.

TRIBUNBATAM.id/Junaidi
Kegiatan silaturahmi alam dalam rangka hari cinta Puspa dan satwa nasional 2021 di Anambas. Agenda kegiatan yang digelar outbond, inventarisir vegetasi disejalankan dengan sosialisasi sakakalpataru, narkoba dan keanekaragaman hayati, di bukit batu tabir, Desa Tarempa Selatan, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Sabtu (13/11/2021). 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (Dishub-LH) dan Komunitas Pecinta Alam Anambas (KOMPAS) serta stakeholder mengajak pelajar Anambas bersilaturahmi dengan alam.

Mereka diajak bersatu dengan alam dalam Rangka memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa yang jatuh pada 5 November, di Bukit Batu Tabir Desa Tarempa Selatan, Kecamatan Siantan, Anambas, Sabtu (13/11/2021).

Mereka terbilang beruntung, karena tak perlu jauh-jauh pergi ke Kebun Raya Bogor, Jawa Barat hanya untuk menyaksikan bunga langka.

Sebab, di Kabupaten Kepulauan Anambas ada bunga Raflesia yang bisa ditemukan di gunung Batu Tabir Rintis, Desa Tarempa Selatan.

Risdayani, Kepala bidang (Kabid) pengelolaan Sampah limbah B3 dan pengendalian pencemaran menjelaskan, kegiatan itu untuk mendorong dan memberi edukasi ke generasi muda di Kepulauan Anambas agar ramah ke lingkungan, terutama keanekaragaman hayati.

“Jadi intinya kegiatan ini untuk edukasi anak-anak sekolah di Anambas, rangkaiannya seperti outbound untuk melatih fisik dan kepemimpinan, dan ada semacam tanya jawab yang mengarahkan mereka tentang lingkungan dan inventarisir vegetasi. Kita juga sejalankan dengan siosisalisasi Saka Kalpataru, sosialisasi narkoba karena terkait generasi muda,” jelas Risdayani saat di konfirmasi melalui WhatsApp, Minggu (14/11/2021).

Baca juga: INGAT! Belum ke Batam Jika Belum Singgah ke Jembatan Barelang

Baca juga: Sempat Roboh Kena Angin, Tahun Depan Dinas PUPR Lingga Bangun Jembatan Tanjung Irat

Ia juga mengatakan, kegiatan yang serupa ini pernah dilakukan tahun 2020 dalam kondisi pandemi covid- 19 dengan peserta terbatas dan di 2021 kegiatan dilaksanakan dengan peserta yang lebih banyak dengan tema silaturahmi alam dengan aktiviats outbond ke Bukit Batu Tabir, inventarisir vegatasi di lokasi bunga langka yang ada di Anambas.

"Kegiatan ini juga berguna mengedukasi generasi muda untuk kedepannya agar dapat menyelamatkan dan melestarikan lingkungan khususnya bunga rafflesia padma serta tumbuhan langka lainnya yang ada di bukit batu tabir Desa Tarempa Selatan," katanya.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berasal dari para pelajar SMP serta SMA,/MA/SMK yang ada di Anambas, dengan membtuk 4 kelompok. 

Dan mereka juga melewati posko-posko yang dimana setiap posko Mereka akan diberi ilmu terkait pelestarian lingkungan dan kelompok akan mendapatkan nilai dari setiap posko yang dilewati. 

Diketahui, Juara I pada kegiatan tahun ini berada pada kelompok SMK Negeri 4 Anambas.

Risdayani berharapkan setelah mengikuti kegiatan ini generasi muda Anambas dapat menyerap ilmu yang telah diberikan dan dapat menyebarluaskan informasi kepada khalayak ramai terkait pelestarian lingkungan dan kedepannya spot puspa langka yang telah diinventarisir tersebut bisa lebih tertata dan lebih terkontrol. (TRIBUNBATAM.id/Junaidi)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved