Breaking News:

KEPRI TERKINI

Kepri Terang Berlanjut, Ansar Resmikan Jaringan Listrik Tiga Pulau di Batam

Gubernur Kepri Ansar Ahmad resmikan pemakaian genset dan jaringan listrik di tiga pulau di Batam yang berada di Belakangpadang untuk Kepri Terang

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
TRIBUNBATAM.ID/istimewa
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad meresmikan pemakaian genset dan jaringan listrik yang dipusatkan di Pulau Lengkang Kelurahan Sekanak Raya, Kecamatan Belakangpadang, Senin (15/11/2021) 

KEPRI, TRIBUNBATAM.id - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad kembali melanjutkan programnya dalam mewujudkan 'Kepri Terang'.

Sebanyak tiga pulau di Kecamatan Belakangpadang Kota Batam, yakni di Pulau Lengkang, Pulau Gare, dan Pulau Labon mendapat bantuan genset beserta jaringan Listrik dari Pemerintah Provinsi (Pemrov) Kepri melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Gubernur Kepri itu hadir langsung dan meresmikan pemakaian genset dan jaringan listrik pada acara yang dipusatkan di Pulau Lengkang Kelurahan Sekanak Raya, Kecamatan Belakangpadang, Senin (15/11/2021).

Menurut Ansar, jumlah rumah tangga di tiga pulau yang terlayani dari pemakaian genset ini adalah sebanyak 296 KK.

"Program Kepri Terang memang telah kita gagas. Maka sekarang saya sedang gencar melengkapi kebutuhan dasar masyarakat terutama kebutuhan akan listrik," kata Ansar.

Kegiatan Dinas ESDM dari APBD tahun 2021 ini merupakan lanjutan kegiatan tahun 2020. Rinciannya di Pulau Lengkang, genset kapasitas 100 kVA dengan jaringan berjumlah 185 rumah tangga, di Pulau Gare, genset kapasitas 50 kVA dengan jaringan berjumlah 68 rumah tangga, serta Pulau Labon, genset kapasitas 20 kVA dengan jaringan berjumlah 43 rumah tangga.

Ansar menjelaskan, ke depannya operasional genset dan jaringan listrik yang saat ini dikelola oleh Pemprov Kepri akan dikerjasamakan bersama PLN dalam bentuk Kerja Sama Operasional (KSO).

Baca juga: Gubernur Kepri Janji All Out Demi Wujudkan Kepri Terang Akhir Tahun 2021

Baca juga: Dua Hari Terakhir, Kepri Nihil Kasus Baru dan Kematian Pasien Covid-19

"Jika sudah di-KSO-kan dengan PLN, biasanya listrik dapat beroperasi selama 14 jam dari yang sekarang hanya 6 jam. Dari segi biaya juga pasti lebih murah. Kemudian nantinya untuk pembiayaan penyambungan baru akan diupayakan melalui dana CSR," ucap Ansar.

Diketahui dari program Kepri Terang, saat ini sudah ribuan rumah yang teraliri listrik di seluruh Kepri. Dengan kerja sama dengan PLN serta penyambungan baru melalui dana CSR dari berbagai perusahaan di Kepri.

Selain itu, Ansar menuturkan untuk Tahun Anggaran 2022, Pemprov Kepri sudah menganggarkan Rp 3 miliar untuk mengaliri listrik di 8 pulau dengan penduduk besar di Batam, PLN juga akan membantu di 3 pulau.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved