Breaking News:

BERITA SINGAPURA

Singapura Buka Perbatasan, Warga Indonesia Bisa Masuk Tanpa Karantina Mulai 29 November

Singapura longgarkan perbatasan, warga Indonesia bisa ke Singapura tanpa karantina asal sudah divaksin 2 kali lewat vaccinated travel lane

Penulis: Alfian Zainal | Editor: Agus Tri Harsanto
Roslan RAHMAN / AFP
Suasana Marina Bay di Singapura pada 14 November 2021 

SINGAPURA, TRIBUNBATAM.id - Gayung bersambut! Pemerintah Singapura mengumumkan akan memberlakukan skema vaccinated travel lane (VTL) atau jalur perjalanan vaksinasi bagi Indonesia mulai 29 November 2021.

Itu artinya, para warga Indonesia yang sudah di vaksinasi lengkap tidak perlu lagi karantina setibanya di Singapura.

Kabar gembira itu diumumkan oleh Menteri Perhubungan Singapura, S Iswaran, dalam jumpa pers multi-kementerian, Senin (15/11), seperti dilansir Tribun Batam dari media-media Singapura.

Selain Indonesia, negara lain yang juga mendapat jalur VTL di tanggal yang sama adalah India. Kemudian dengan Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab (UEA) akan dimulai 6 Desember 2021.

VTL dengan Indonesia, kata Iswaran, akan menjadi jalur perjalanan vaksinasi sepihak untuk saat ini.

Indonesia masih tertutup untuk perjalanan umum, tetapi sudah mulai membuka perbatasannya bagi 19 negara, tidak termasuk Singapura.

Baca juga: Warga Indonesia Masuk ke Singapura Tanpa Karantina Mulai 29 November 2021

“Kami berharap Indonesia juga segera membuka kembali perbatasannya untuk pelancong dari Singapura,” kata Iswaran.

Sebagai permulaan, akan ada dua layanan penerbangan antara Singapura dan Jakarta.

Secara bertahap akan ditingkatkan menjadi empat layanan penerbangan.

Iswaran tidak menyebutkan, apakah skema VTL ini juga akan dibuka untuk jalur laut karena kunjungan dari Indonesia ke Singapura terbesar adalah melalui Batam dan Bintan.

Setiap pengunjung dari Indonesia dan India ke Singapura diminta untuk mengisi aplikasi yang mulai dibuka pada 22 November.

Aplikasi ini untuk pengunjung jangka pendek dan pemegang pass jangka panjang. Sedangkan dari Qatar, Arab Saudi, dan UEA, pendaftaran akan dimulai pada 29 November.

Warga Singapura atau penduduk permanen yang kembali dari ke dua negara itu tidak perlu mendaftar jika sudah di vaksin lengkap.

Sebaliknya, “Pelaku perjalanan dari Singapura ke negara tersebut disarankan untuk memeriksa persyaratan masuk yang berlaku di destinasi tersebut,” kata MOH dalam rilisnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved