Breaking News:

Berikut Peran BPJS Kesehatan dalam Mendukung Penanggulangan Covid-19.

BPJS Kesehatan yang memiliki tugas khusus untuk melakukan verifikasi klaim pelayanan kesehatan akibat Corona Virus Disease (Covid-19)

Ist
Layanan BPJS Kesehatan 

TRIBUNBATAM.id - Pandemi Covid-19 yang terjadi hampir 2 (dua) tahun belakangan ini merupakan tanggung jawab bersama.

Begitu pula BPJS Kesehatan yang memiliki tugas khusus untuk melakukan verifikasi klaim pelayanan kesehatan akibat Corona Virus Disease (Covid-19) berdasarkan surat Menteri Koordinator dan Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Nomor.22/MENKO/PMK/III/2020 tentang Penugasan Khusus Verifikasi Klaim Covid-19.

dr. Siti Nadia Tarmizi selaku Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan selaku narasumber pada Webinar BPJS Kesehatan beberapa waktu yang lalu mengatakan bahwa BPJS memiliki peran yang mendukung selama penanggulangan pandemi. Selain bekerjasama dalam sistem satu data vaksinasi Covid-19, BPJS Kesehatan juga berperan dalam melakukan verifikasi berkas klaim rumah sakit yang memberikan pelayanan Covid-19.

“BPJS Kesehatan melalui aplikasi Pcare bekerjasama dengan Kominfo, Kemenkes, Telkom tergabung dalam sistem satu data vaksinasi yang mendukung vaksinasi secara masif, secara bertahap di seluruh provinsi,” kata Nadia.

Dalam verifikasi berkas klaim, BPJS berfungsi untuk melakukan pengelolaan administrasi klaim, tata kelola data dan dokumen berkas klaim dari RS pelayanan Covid-19 secara transparan dan akuntabel. Nantinya klaim ini dikoordinasikan dengan Kemenkes untuk proses pembayaran klaim.

“Untuk verifikasi berkas klaim, Kemenkes bersama BPJS Kesehatan melakukan akuntabilitas dalam pengelolaan klaim. Ini adalah hal yang utama dalam pengelolaan anggaran. Tentunya hal ini bukan hal yang mudah. Hal ini merupakan hal yang berat terutama bagi BPJS Kesehatan karena memastikan tidak ada potensi kecurangan dalam klaim yang diajukan,” kata Nadia.

Iwan Adriady selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam mengatakan bahwa BPJS Kesehatan terus mendukung pemerintah dalam proses penanggulangan pandemi.

Selain mendapat tugas khusus untuk melakukan verifikasi administrasi klaim Covid-19 di rumah sakit, BPJS Kesehatan juga masih terus mengelola aplikasi P-Care Vaksinasi yang digunakan untuk registrasi dan pencatatan pelayanan vaksinasi di faskes.

“Kami terus melakukan monitoring untuk klaim Covid-19, agar pembayaran dapat berjalan dengan lancar. Begitu pula dengan penggunaan aplikasi Pcare dalam proses vaksinasi, kami terus melakukan koordinasi dengan fasilitas kesehatan maupun Dinas Kesehatan, agar dapat melaporkan jika ada permasalahan di lapangan,” kata Iwan.

Tidak hanya dalam proses vaksinasi dan verifikasi klaim, BPJS Kesehatan juga menjamin Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) bagi peserta JKN-KIS.

“Kami juga menjamin peserta JKN-KIS aktif yang mengalami sakit akibat vaksinasi atau biasa yang disebut dengan KIPI,” kata Iwan.

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved