Breaking News:

BNNP Kepri Musnahkan 1.947 Gram Sabu-sabu, Dua Kurir Ditangkap di Lokasi Berbeda

BNNP Kepri musnahkan barang bukti sabu-sabu seberat 1.947 gram dengan cara memasukkan ke dalam mobil incinerator. BB itu dari 2 tersangka narkoba

Penulis: Beres Lumbantobing | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Beres Lumbantobing
Dua tersangka dihadirkan saat BNNP Kepri memusnahkan barang bukti sabu-sabu, Kamis (18/11/2021) 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepri memusnahkan narkotika golongan I sabu-sabu, Kamis (18/11/2021).

Sabu-sabu seberat 1.947 gram itu diamankan dari dua tersangka.

Barang bukti sabu dimusnahkan dengan cara dimasukkan ke dalam mobil Incinerator pemusnah narkotika di halaman BNNP Kepri, di Nongsa, Batam, Kamis pagi.

Kabid Pemberantasan BNNP Kepri, Kombes Pol Heru Yulianto mengatakan, kedua tersangka merupakan kurir jaringan internasional.

“BB tersebut dari dua laporan perkara. Satu di Teluk Sebong dan Bandara Hang Nadim. Masing masing sebagai kurir dengan imbalan jasa,” ujarnya.

Untuk LP pertama pada 30 Oktober 2021 sekitar pukul 07.15 WIB di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau.

Petugas Bea Cukai Hang Nadim mencurigai seorang laki-laki, kemudian dilakukan pemeriksaan terhadap laki-laki berinisial AH (43 Tahun) WNI.

Baca juga: Tangisan Istri Tersangka Narkoba yang Dicabuli dan Diperas Oleh Polisi

Baca juga: Inilah Kota Milik Gembong Narkoba, Penjahat Tenteng Senjata Tak Ragu Culik dan Siksa Polisi

Karena diduga membawa Narkotika golongan I jenis sabu yang disimpan di dalam duburnya, kemudian petugas Bea Cukai Hang Nadim melaporkan kepada petugas BNNP Kepri yang bertugas di Bandara.

Lalu petugas Bea Cukai dan petugas BNNP Kepri membawa saudara AH ke Rumah Sakit Awal Bros untuk dilakukan pemeriksaan dan rontgen perut.

Setelah melakukan pemeriksaan, AH dibawa ke kantor Bea Cukai Batu Ampar untuk mengeluarkan Narkotika golongan I jenis sabu dari duburnya.

Setelah dikeluarkan, terdapat dua bungkus plastik bening yang didalamnya berisi narkotika golongan I jenis sabu seberat 127,71 gram.

Sementara tersangka kedua diamankan pada Selasa 2 November 2021 sekitar pukul 10.30 WIB di Dermaga Tepekong Sungai Kecil, Desa Sebong Lagoi, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Tersangka, AN (28) WNI. Dia diduga melakukan tindak pidana penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika golongan I jenis sabu. Sebanyak 2 bungkus plastik bening yang didalamnya berisi Narkotika golongan I jenis Sabu seberat 1.820 gram ditemukan dari tangannya.

Atas kejadian tersebut, tersangka beserta barang bukti diamankan dan dibawa ke kantor BNNP Kepri untuk proses penyidikan.

Kedua tersangka dikenakan pasal 114 ayat (2), 112 ayat (2) UU RI No.35 Tahun 2009 dengan hukuman maksimal hukuman mati atau seumur hidup.

Heru mengatakan, kedua tersangka mengaku menyesali perbuatannya. Mereka merupakan kurir yang sebatas mengantar barang dengan imbalan jasa Rp 20 juta. Itupun jika sampai di tempat.

Namun demikian, dua tersangka ini tetap harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di mata hukum.

( TRIBUNBATAM.id/bereslumbantobing)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Batam

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved